SOLOPOS.COM - KA BIAS melintas di rel atas viaduk Gilingan, Jl A Yani, Banjarsari, Solo, Rabu (8/6/20220). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Proses rehab atau perbaikan viaduk Jl Ahmad Yani, Gilingan, Banjarsari, Solo, saat ini belum dimulai karena masih menunggu kontrak paket pekerjaan tersebut. Yang jelas, viaduk tersebut akan ditutup total selama proses rehab.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Jawa Bagian Tengah Area I Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Dheky Martin, mengatakan belum ada pekerjaan di viaduk Gilingan saat ini. “Masih menunggu kontrak paket yang bersangkutan,” tulisnya melalui pesan Whatsapp kepada Solopos.com, Rabu (8/6/2022).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dheky memastikan Jl A Yani, Solo, tepatnya sekitar Viaduk Gilingan bakal ditutup total selama pelaksanaan pembangunan. “Kami tutup total karena kami akan normalisasi clearence jalan agar terpenuhi 4,2 meter struktur Voided Slab. Lebar jalan juga akan ditambah menjadi kurang lebih 12 meter,” ungkapnya.

Proyek rehab Viaduk Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, menjadi bagian rangkaian proyek strategis nasional (PSN) proyek pembangunan rel layang (elevated rail) simpang Joglo.

Camat Banjarsari Beni Supartono Putro mengatakan sudah ada rapat mengenai pembangunan konstruksi yang dikerjakan beriringan dengan rel layang. “Tapi gak lama cuma enam bulan pembangunan,” kata Beni, Rabu (8/6/2022).

Baca Juga: Viaduk Gilingan Masuk, Ini 4 Proyek Besar Yang Bakal Bikin Solo Macet

Menurutnya, Jl A Yani bakal ditutup sementara dan akan ada rekayasa lalu lintas yang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo. Beni mengatakan pembangunan Viaduk Gilingan berupa pelebaran jalan serta memperdalam jalan. “Jadi bus besar AC bisa lewat situ nantinya. Pelebaran jalan ke sisi utara,” ungkapnya.

Dia mengatakan tidak ada pembebasan lahan warga terkait proyek rehab Viaduk Gilingan Solo ini. Selain itu ada proyek berbeda di sekitar Viaduk Gilingan berupa pembangunan masjid yang merupakan replika Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Masjid itu dibangun sebagai hadiah dari putra mahkota Uni Emirat Arab kepada Presiden Joko Widodo. Pembangunan viaduk Gilingan sekaligus sebagai sarana pendukung keberadaan masjid raya yang akan menjadi ikon baru wisata religi Kota Solo.

Baca Juga: Viaduk Gilingan Segera Diperbaiki, Ini Titik Rawan Macet di Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya