SOLOPOS.COM - Petugas Dishub Sukoharjo mengecek kondisi jalan di Underpass Makamhaji, beberapa waktu lalu. Foto dirilis Selasa (8/2/2022). (Istimewa/Dishub Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, mendesak diperbaiki lantaran kerusakan yang terjadi cukup parah. Rencananya, perbaikan dimulai pada Senin (21/2/2022) dan akses di Underpass Makamhaji akan ditutup total selama periode perbaikan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, mengatakan keputusan perbaikan tersebut sudah muncul saat rapat pada Selasa (8/2/2022) dan akan segera dilakukan percepatan pelaksanaan perbaikan di Underpass Makamhaji. Rencananya, perbaikan mencakup perubahan struktur bangunan Underpass Makamhaji yang kerap rusak untuk mendapatkan hasil permanen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami sudah rapat dengan Kemenhub dan sejumlah OPD terkait. Pelaksanaan perbaikan nanti dilakukan Balai Perkeretaapian Kemenhub. Kami hanya membantu saja. Dari hasil rapat tadi, kami mendapatkan kesimpulan memperbaiki struktur bangunan khususnya di bagian drainase-nya agar tidak rusak terus seperti saat ini,” ucap dia ketika dihubungi Solopos.com, Selasa siang.

Baca juga: Rusak Lagi, Ini Fakta-Fakta Underpass Makamhaji di Kartasura Sukoharjo

Toni mengatakan proses persiapan perbaikan akan dilakukan mulai Senin (14/2/2022) hingga Minggu (20/2/2022). Perbaikan nantinya akan langsung dilakukan selama dua pekan mulai Senin (21/2/2022) hingga Senin (7/3/2022). Pada periode perbaikan tersebut, ditegaskan akses melintas di Underpass Makamhaji akan ditutup total dari seluruh jenis kendaraan.

“Kami sudah berkoordinasi untuk melakukan penutupan jalan atau akses masuk. Kami juga sudah menyiapkan manajemen sistem rekayasa lalu lintas agar pengendara bisa dialihkan jalurnya dari Underpass Makamhaji,” imbuh Toni.

Rekayasa Lalu Lintas

Toni menjelaskan rekayasa lalu lintas dilakukan dengan dua skenario jalur untuk rute kendaraan yang tidak melintas di Terminal Tirtonadi. Alternatif pertama untuk kendaraan dari arah Semarang akan diarahkan ke Kleco kemudian belok kiri masuk ke Solo hingga ke Pasar Kliwon.

Sementara itu alternatif kedua untuk kendaraan dari Boyolali akan diarahkan ke arah Jogja di Simpang Pakis kemudian belok kiri ke Kadilangu, Tanjung Anom, menuju ke Pandawa Sukoharjo.

Baca juga: Hati-Hati! Ada Serpihan Besi Berserakan di Underpass Makamhaji

“Untuk bus yang rute ke terminal tidak ada rekayasa lalu lintas karena memang rutenya tidak terpengaruh. Tapi untuk truk dan kendaraan umum yang melintasi Underpass sudah kami siapkan dua alternatif rute. Untuk kendaraan pribadi silakan untuk menghindari saja rute yang kami tutup karena banyak alternatif jalan lainnya karena kendaraan pribadi itu kan lebih luwes,” beber dia.

Dishub Sukoharjo nantinya juga akan memasang portal dan informasi perbaikan Underpass di sejumlah titik menuju Underpass agar kendaraan tidak terlanjur masuk ke area yang ditutup. Salah satunya penutupan akan dilakukan mulai di Tugu Lilin Kartasura. Namun, penutupan akses tidak berlaku bagi pengendara yang merupakan warga sekitar maupun masyarakat yang menuju toko di sekitar Underpass.

“Pengecualian hanya untuk warga setempat dan pengunjung tempat usaha setempat. Kami masih memberikan akses agar usaha di sana tidak mati dan tetap ada akses. Tapi untuk melintas tidak kami perbolehkan,” beber dia.

Baca juga: Jalan di Underpass Makamhaji Sukoharjo Rusak, Perbaikan Fokus Drainase

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya