SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes berbasis komputer Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS. (Antara-Adeng Bustomi)

Solopos.com, JAKARTA — Pelaksanaan ujian bagi calon aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) sesuai jadwal yang disiapkan pemerintah yakni apa akhir Januari 2020.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan pihaknya telah menerima soal ujian ASN yang disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selanjutnya pelaksanaan ujian tertulis diselenggarakan oleh masing-masing kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah.

"[Tanggal ujiannya] 27 Januari sampai Februari [2020]," kata Tjahjo di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa (14/1/2020), yang dilansir Bisnis.com/JIBI.

Dalam pelaksanaan ujian calon ASN pada tahun ini, Kementerian PANRB mencatat terdapat 4,6 juta pelamar mengikuti seleksi administraitf.

Setelah dilakukan seleksi administrasi, terdapat 3,8 juta pelamar yang akan melaksanakan ujian tertulis.

"Mohon maaf pemerintah baru bisa menerima 150.000 dari pendaftar yang [hampir] 4 juta itu. Kami tidak menambah pegawai administrasi tapi menambah tenaga [teknis] yang dibutuhkan [seperti] ahli IT, dokter, guru, hingga penyuluh pertanian," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya