SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri Joko Sutopo. (Solopos/M. Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI — Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, berencana membuka toko serba ada atau Toserba Luwes untuk beroperasi kembali.

Kebijakan tersebut ditempuh setelah bupati yang akrab disapa Jekek itu mendapatkan laporan bahwa terjadi kepadatan pengunjung di Toserba Baru jelang perayaan Idul Fitri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jadi Lumbung Pangan Warga Terdampak Covid-19, Begini Konsep Berbagi Sedekah Gratis Ala Warga Plesan Sukoharjo

Baru dan Luwes merupakan Toserba terbesar dan ramai pengunjung di area perkotaan Wonogiri, terlebih menjelang lebaran. Banyak warga yang belanja di dua Toserba tersebut untuk memenuhi kebutuhan dan persiapan lebaran.

“Rencana saya ini refleks saja atas laporan bahwa di Toserba Baru terjadi kepadatan pengunjung. Saya mendapat laporan baru saja. Saya berpikir salah satu cara yang bisa ditempuh dengan membuka operasional Toserba Luwes. Jadi kebijakan alternatif,” kata dia kepada wartawan, Senin (18/5/2020).

Tim Pemkab Sukoharjo Sidak, Ternyata Masih Banyak Makanan dan Minuman Kedaluwarsa Dipajang di Etalase

Rencana membuka Luwes, menurut dia, untuk memecah atau mengurai kerumunan di Toserba Baru. Sehingga potensi penularan atau persebaran Covid-19 bisa diminimalisasi. Tetapi dengan ketentuan, saat dibuka Luwes harus menerapkan protokol kesehatan.

Update Data Covid-19 Indonesia: Pasien Positif Tambah 496 Jadi 18.010, Sembuh Capai 4.324

Hingga saat ini ia mengaku belum berkoordinasi dengan pihak manapun, termasuk pihak manajemen Luwes. Tetapi ia akan segera berkoordinasi secepatnya dengan berbagai pihak terkait pembukaan Luwes, agar upaya pencegahan persebaran Covid-19 bisa segera terealisasi. Karena Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi.

Persediaan Kebutuhan Masih Ada

HRD Manajer Luwes, Lakgiyatto, mengaku siap jika Luwes diminta untuk beroperasi kembali. Saat ini ia juga tengah menunggu kebijakan dari Pemkab terkait kapan Luwes diperizinkan kembali buka.

“Jika harus buka jelang lebaran, ketersediaan barang ada dan mencukupi. Karyawan yang dirumahkan bisa dikondisikan masuk kembali untuk melakukan pelayanan,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Senin.

Dapat Laporan Harga Gula Pasir di Sragen Sentuh Rp16.500 per Kilo, Ini Reaksi Ganjar Pranowo

Beredar Hoaks Warga Jateng Boleh Salat Id di Lapangan, Ini Seruan Ganjar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya