SOLOPOS.COM - Ilustrasi Semarang Night Carnival. (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang bakal kembali menggelar acara Semarang Night Carnival (SNC). Acara SNC yang rencana berlangsung Rabu (17/11/2021) itu akan menjadi yang pertama digelar selama masa pandemi Covid-19.

Kegiatan Semarang Night Carnival biasanya digelar untuk memeriahkan perayaan ulang tahun Kota Semarang. Namun, kali ini SNC akan digelar dalam rangka memeriahkan Festival Hak Asasi Manusia (HAM) yang diselenggarakan di Kota Semarang, Selasa-Jumat (16-19/11/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Indriyasari, mengatakan SNC kali ini akan digelar secara daring dan luring dengan pembatasan-pembatasan sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah. SNC kali ini akan mengusung tema “Kemilau Nusantara”, dengan mengangkat lima kostum yang terinsipriasi dari lima destinasi super prioritas yang dicanangkan Presiden Jokowi.

Baca juga: Semarang Night Carnival Disambut Gegap Gempita, Ini Foto-Fotonya…

“Kelima destinasi prioritas itu yakni Danau Toba Sumatra Utara, Borobudur Jawa Tengah, Labuan Bajo NTT, Mandalika NTB, dan Likupan Sulawesi Utara,” ujar Iin dalam keterangan tertulis yang kepada Solopos.com, Jumat (12/11/2021).

Perempuan yang karib disapa Iin itu mengaku telah melakukan sederet persiapan agar Semarang Night Carnival berjalan sukses. Para peserta pun sudah sejak lama diminta untuk bersiap jika sewaktu-waktu SNC digelar.

“Alhamdulillah, Kota Semarang sekarang sudah masuk PPKM level 1. Jadi, memungkinkan untuk menggelar event besar. Tapi, pastinya dengan pembatasan sesuai aturan dan pelaksanaan prokes yang ketat,” imbuh Iin.

Iin mengatakan sebelum SNC digelar pihaknya juga sudah menggelar 8 kali workshop. Workshop Semarang Night Carnival itu digelar di Balai Kota Semarang sejak Senin-Sabtu (8-13/11/2021).

“Adapun materi workshop yang diberikan kepada peserta SNC antara lain seputar make up, costum, runway, koreografi, dance, dan ekspresi,” terang Iin.

Baca juga: Ada Perayaan Imlek di Sam Poo Kong, Ini Agenda Semarang 2020

Iin menambahkan SNC semestinya digelar setiap tahun karena bagian dari promosi pariwisata daerah dan meningkatkan perekonomian daerah. Namun sejak 2020, SNC tidak digelar karena terhalang pandemi Covid-19.

Tahun ini, SNC pun digelar dengan sederet keterbatasan. Event yang biasa digelar dengan karnaval dari Balai Kota Semarang pun kali ini hanya digelar di GOR Jatidiri, dengan jumlah peserta dan tamu undangan terbatas.

“Semua pendukung acara dan peserta kami minta melakukan swab antigen, penggunaan aplikasi peduli lindungi. Jumlah penonton juga kami batasi. Sedangkan untuk masyarakat yang ingin menyaksikan Semarang Night Carnival bisa melalui kanal Youtube Disbudpar Kota Semarang. Pastinya akan ada kejutan-kejutan menarik yang akan kami tampilkan dalam SNC nanti,” imbuh Iin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya