top ear
Ilustrasi Pelajar (Solopos/Whisnupaksa)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi Pelajar (Solopos/Whisnupaksa)

Siap-Siap! Pemprov Jateng Bakal Pindahkan SMAN 2 Solo Ke Pasar Kliwon

Pemprov Jateng berencana memindahkan SMAN 2 Solo ke wilayah Pasar Kliwon, tepatnya di lahan HP 16 Kelurahan Mojo.
Diterbitkan Jumat, 25/09/2020 - 17:29 WIB
oleh Solopos.com/Akhmad Ludiyanto
2 menit baca

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng berencana memindahkan SMAN 2 Solo ke wilayah Pasar Kliwon. Pemprov akan membangun gedung baru untuk sekolah itu pada lahan hak pakai (HP) 16 Kelurahan Mojo, Pasar Kliwon.

Sebelumnya, Pemkot Solo menyatakan akan menghibahkan sebagian lahan HP 16 itu ke Pemprov Jateng. Pemkot berharap lahan itu untuk membangun gedung sekolah.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wilayah VII Jawa Tengah (Jateng), Suyanta, mengatakan salah satu pertimbangan pemindahan SMAN 2 adalah terkait lokasi.

Waspada! Ini 6 Komorbid Yang Menyertai Kasus Kematian Pasien Covid-19 Sukoharjo

Saat ini SMAN 2 Solo berdekatan dengan SMAN 1 dan berada dalam satu wilayah kecamatan, yakni Banjarsari. Sedangkan Pasar Kliwon hingga saat ini belum ada SMAN.

Hal ini juga terkait zonasi yang mana keberadaan sekolah belum merata. “Nanti yang akan pindah ke lokasi baru Kecamatan Pasar Kliwon adalah SMAN 2. Karena saat ini SMAN 2 berada satu lokasi dengan SMAN 1 dalam wilayah Kecamatan Banjarsari,” ujarnya kepada Solopos.com, Jumat (25/9/2020).

Ia kemudian menegaskan lagi lahan HP 16 Mojo, Pasar Kliwon, itu untuk SMAN 2, bukan penambahan sekolah negeri baru.

Cawabup Sukoharjo Wiwaha Aji Santosa Punya Harta Rp46 Juta, Tanah Dan Bangunan Nol

Ia juga menjelaskan pemindahan SMAN 2 Solo nantinya bertahap. Artinya, jika pembangunan gedung selesai, siswa yang menempati adalah siswa dari zonasi Pasar Kliwon.

Pemerataan Sekolah

Sedangkan siswa SMAN 2 lama tetap menempati gedung lama hingga mereka lulus. “Tapi itu kan masih jauh. Yang terpenting saat ini adalah ikuti prosesnya. Sekarang yang sedang kami lakukan adalah pengalihan kepemilikan lahan dari Pemkot Solo kepada Pemprov Jateng,” imbuh Suyanta.

Suyanta juga mengapresiasi Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dalam upaya pemerataan sekolah ini. “Kami menyambut dengan sangat senang langkah Pak Wali Kota karena dengan begini sekolah akan merata dan siswa dari wilayah Pasar Kliwon akan terakomodasi,” imbuhnya.

Guru SMAN 1 Solo Positif Covid-19, Seluruh Karyawan WFH Sepekan

Tim dari Disdikbud Jateng dengan Bappeda Jateng telah menemui Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo pada Jumat (25/9/2020) terkait rencana hibah lahan HP 16 yang rencananya untuk SMAN 2 Solo itu.

Saat ini proses pelepasan lahan seluas 50.080 m2 tengah dalam pembahasan oleh pansus (panitia khusus) DPRD Solo. “Lokasi SMA dan SMK masih terpusat pada titik tertentu, seperti SMAN 1, SMAN 2, SMAN 4, SMKN 2, SMKN 4, SMKN 5, SMKN 6, dan SMKN 7. Semuanya masuk Kecamatan Banjarsari,” ucap Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo kepada wartawan, Senin (21/9/2020).

Hal itu berdampak pada calon siswa SMA asal Kecamatan Pasar Kliwon yang karena zonasi tak bisa masuk ke SMAN wilayah Solo. Mereka terlempar hingga Sukoharjo. "Makanya kami ingin ada sekolah di sana [Pasar Kliwon]," jelas Rudy.


Editor : Profile Suharsih
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com


berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini