SOLOPOS.COM - Kereta api uap yang menjadi ikon wisata di Museum Kereta Api Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jateng. Salah satu destinasi wisata di Jateng. (Dok. Solopos/Antara-Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, SEMARANG -- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng bakal menggelar rapid test Covid-19 secara acak di sejumlah tempat wisata saat momen libur panjang, 28 Oktober-1 November 2020.

Selain tempat wisata, tes Covid-19 juga akan digelar di Gerbang Tol Kalikangkung yang diprediksi akan mengalami lonjakan volume kendaraan dari para pemudik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain menggelar tes Covid-19 secara acak, Pemprov Jateng juga akan mendirikan pos pantau dan pos bergerak di sejumlah lokasi wisata yang diprediksi dipadati pelancong saat libur panjang.

Pemkab Sragen Siapkan Paket Wisata Gowes Purba Sangiran, Ada Jalur Ekstrem Dan Pemula

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jateng, Satriyo Hidayat, mengatakan ada tiga pos pantau yang didirikan. Ketiga pos itu tersebar di Exit Tol Brebes, Gerbang Tol Kalikangkung, dan Simpang Bawen-Ambarawa.

"Pos pantau tersebut didirikan untuk melihat kenaikan volume arus lalulintas dan melakukan rekayasa lalulintas, bilamana terjadi kenaikan jumlah kendaraan. Untuk kewilayahan kami berkoordinasi dengan kewilayahan [Polres], kita lakukan pos bergerak, nanti kita mobile," ucap dia kepada Solopos.com di Wisma Perdamaian, Kota Semarang, Jumat (23/10/2020).

Satriyo menyebut, ada enam wilayah yang menjadi perhatian selama libur panjang di Jateng. Di antaranya, sekitar wisata Bandungan dan Dusun Semilir di Kabupaten Semarang. Obyek wisata Belik, dan Owabong di Purbalingga.

10 Berita Terpopuler : Pembunuhan Wanita Dalam Mobil Gegara Utang Rp145 Juta

Menghindari Kecelakaan

Lalu, Obyek wisata Dieng di perbatasan Wonosobo dan Banjarnegara. Selain itu juga objek wisata di Gunung Sikunir dan Candi Arjuna.

"Kami juga telah berkomunikasi dengan Kabupaten Wonosobo agar tak terjadi kecelakaan lagi seperti kemarin. Bus besar kami suruh parkir di Terminal Mendolo saja. Karena pulang dari Dieng itu turunannya panjang, kalau tak terbiasa, penggunaan remnya tidak paham," ungkap Satriyo.

Ia mengungkapkan sesuai koordinasi antarinstansi akan dilakukan rapid test secara sampling di sejumlah objek wisata di Jateng selama libur panjang pekan depan. Pelaksanaannya akan dikonsentrasikan di Gerbang Tol Kalikangkung. Selain di lokasi tersebut, pelaksanaan tes cepat Covid-19 juga dilakukan di sejumlah obyek wisata.

3 Dari 5 Simpang Susun Tol Solo-Jogja Berada di Klaten, Ini Lokasinya

"Sesuai kesepakatan, nanti dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah akan melakukan rapid test. Selain di Kalikangkung, ada di Dusun Semilir, Owabong, Tawangmangu dan Borobudur yang ditempatkan Mobile PCR [polymerase chain reaction] di sana," ujarnya.

Satriyo menambahkan tidak ada pembatasan masuk di wilayah Jateng saat libur panjang. Selain itu, tidak disyaratkan ada surat hasil rapid test, ketika masuk ke Jateng. Oleh karenanya, Satriyo mengimbau agar para pengunjung mematuhi protokol kesehatan.

"Jagalah kesehatan Anda, jangan ciptakan klaster baru. Liburan boleh, tapi tetap terapkan protokol kesehatan. Jaga jarak dengan orang asing supaya tak ada klaster keluarga. Tetap sehat, liburan bisa bisa dilakukan di rumah sambil bakar-bakar ikan [tidak harus keluar kota]," pungkas Satriyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya