[ X ] CLOSE

Siap-Siap, Pemkab Karanganyar Mulai Jemput Bola untuk Vaksinasi Tiap RT

Guna menjangkau masyarakat yang belum divaksin, Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar segera menggelar vaksinasi Covid-19 jemput bola ke tiap RT di dusun-dusun.
Siap-Siap, Pemkab Karanganyar Mulai Jemput Bola untuk Vaksinasi Tiap RT
SOLOPOS.COM - Polres Karanganyar melaksanakan Vaksinasi Merdeka Candi sebanyak 300 dosis di Aula Jananuraga Polres Karanganyar pada Jumat (6/8/2021).(Istimewa/Dokumentasi Polres Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar segera menggelar vaksinasi Covid-19 jemput bola ke dusun-dusun. Hal ini dilakukan untuk menjangkau masyarakat yang hingga saat ini belum mengikuti vaksinasi karena berbagai kendala.

Kepala Dinkes Karanganyar, Purwati, mengatakan, hingga Sabtu (16/10/202), capaian vaksinasi di kabupaten dengan sebutan Bumi Intanpari ini mencapai 79,46 persen atau 582.735 orang dari jumlah sasaran sebanyak 733.359 orang.

Menurutnya, untuk menjangkau warga tersebut, pihaknya meminta kepada para ketua RT untuk mendapat warganya yang belum ikut vaksinasi. Selanjutnya, warga tersebut akan didatangi oleh bidan desa untuk divaksinasi.

Baca Juga: Desa di Matesih Karanganyar Ini Sudah Tuntaskan Vaksinasi Loh Lur

“Sekarang tinggal 150.000 yang belum ikut, dan vaksinasi terus kami gencarkan. Rencananya nanti kami minta bidan desa untuk vaksinasi di dusun-dusun dan kami minta kepada ketua-ketuaa RT untuk mendata siapa warganya yang belum ikut vaksinasi,” ujarnya saat ditemui wartawan di Karanganyar, Senin (18/10/2021).

Ia menambahkan, saat ini vaksinasi dilakukan hingga ke tingkat desa/puskesmas. Namun angka partisipasinya sudah menurun tak seperti sebelumnya.

“Ya karena sudah semakin banyak yang divaksinasi sehingga kalau ada kegiatan vaksinasi yang dilakukan di tempat-tempat tertentu yang ikut sudah sedikit. Nah untuk menjangkau yang belum ini, kami yang mendekati mereka,” imbuhnya.

Baca Juga: 1 Bulan 7 Hari Lagi Bupati Karanganyar Ingin Capaian Vaksinasi 104%

Sementara itu, beberapa kendala warga dalam mengikuti vaksinasi adalah faktor jarak rumah dengan fasilitas kesehatan penyedia vaksinasi yang relatif jauh. Selain itu, keterbatasan fisik karena usia juga menjadi kendala bagi para lansia.

“Bagi yang rumahnya jauh dari pusat vaksinasi ini kan jadi kendala. Selain itu orang tua yang sudah tidak bisa jalan jauh ini karena tidak ada yang mengantar,” ujarnya.

Di sisi lain, Kabupaten Karanganyar menargetkan capaian vaksinasi 100 persen bahkan lebih, akan tuntas pada 18 November 2021 bertepatan dengan HUT ke-104 Kabupaten Karanganyar.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago