SOLOPOS.COM - Kepala Desa (Kades) Krecek, Delanggu, Kukuh Harsana. (Solopos.com/Wildan Farih Kurniawan)

Solopos.com, KLATEN — Pemdes Krecek, Kecamatan Delanggu bersiap membuka pendaftaran pengisian kekosongan jabatan perangkat desa. Saat ini, di Desa Krecek terdapat tiga kekosongan jabatan perangkat desa.

Kepala Desa (Kades) Krecek, Kukuh Harsana, mengatakan tiga kekosongan jabatan di desanya meliputi kepala dusun (kadus) I di Dukuh Dadimulyo; kadus II di Ngentak, Mranggen, dan Gatak; serta kekosongan di jabatan kepala seksi (kasi) pelayanan dan kesejahteraan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sejak Senin (25/7/2022), kami sudah mempersiapkan proses penjaringan, rapat kepala desa dengan penetapan TP3D penyerahan surat keterangan Perbub,” kata Kukuh Harsana, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Rabu (27/7/2022).

Pengisian jabatan perangkat desa di Krecek mengacu pada Peraturan Bupati No. 30 tahun 2022 tentang Pedoman dan Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat desa. Seleksi pengisian perangkat desa meliputi seleksi tertulis, komputer dan wawancara dengan asesmen sosial kultur,asesmen akademik dan asesmen pengabdian masyarakat.

“Kalau wawancara bahannya pihak desa yang mempersiapkan namun ujian tertulis dan komputer disiapkan penguji dari universitas dan pihak terkait lainnya,” kata Kukuh Harsana.

Baca Juga: Belasan Jabatan Kades Kosong, Pengisian Perdes Tunggu hingga Definitif

Dalam tahapan wawancara, tim penguji akan menyiapkan materi pertanyaan tentang wawasan kebangsaan, kewilayahan, dan lainnya.

“Proses pendaftaran calon perangkat desa, 4-5 Agsutus 2022. Saat sekarang masih dinformasikan kepada warga. Semoga, hasil seleksi perangkat desa ini dapat menunjang kinerja desa lebih maksimal setelah mendapat sumber daya manusia terbaik,” katanya.

Salah seorang warga Krecek, Yunanto, berharap desanya dapat lebih berkembang setelah dilakukan pengisian kekosongan jabatan perangkat desa.

Baca Juga: Berikut Jadwal Rinci Pengisian Perangkat Desa di Klaten

“Semoga desa berkembang dan maju, baik dari fasilitas ataupun orang-orangnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya