SOLOPOS.COM - Bus di Terminal Tirtonadi Solo. (Solopos/dok)

Solopos.com, SOLO – Puncak arus mudik di Terminal Tirtonadi Solo diperkirakan terjadi pada H-1 hingga H+1 Natal serta H+2 Tahun Baru 2022. Berdasarkan pantauan Solopos.com, Rabu (15/12/2021), aktivitas penumpang di Terminal Tirtonadi Solo mulai menggeliat.

Beberapa penumpang tampak memadati shuttle travel di area belakang terminal. Ada juga beberapa penumpang bus dengan tujuan Jogja, Semarang, dan Surabaya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Jelang Nataru, Terminal Tirtonadi Fokus Awasi Prokes Penumpang

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tirtonadi, Joko Sutriyanto, mengatakan dalam beberapa bulan terakhir setelah Lebaran 2021, Joko melihat ada tren kenaikan penumpang yang menggunakan moda transportasi darat. Dia pun berharap tren ini terus meningkat dan situasi kembali normal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Setelah Lebaran 2021 sampai ke sini ada kenaikan penumpang sekitar 20%. Semoga terus meningkat sampai tahun depan,” jelasnya saat berbincang dengan Solopos.com di kantornya, Rabu (15/12/2021) siang.

Dia memprediksi puncak arus mudik dan peningkatan jumlah penumpang di Terminal Tirtonadi pada H-1 hingga H+1 Natal serta H+2 Tahun Baru 2022. Menurutnya, pemudik dari wilayah aglomerasi Soloraya juga akan meningkat, mengingat sudah banyak orang yang mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

Baca Juga: Rock In Solo Digelar 18 Desember, Lokasi di Hall Terminal Tirtonadi?

“Kemungkinan ada peningkatan pemudik dibandingkan dengan momen Nataru tahun lalu, khususnya dari wilayah aglomerasi Soloraya. Apalagi sudah banyak orang yang mendapatkan suntikan vaksin,” sambung dia.

Joko tidak menyiapkan banyak hal untuk menyambut pemudik pada momen libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. “Kami sudah melalui banyak pengalaman menyambut pemudik. Jadi, persiapan sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Kami siap menerima pemudik menjelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Bedanya, kali ini pengelola tidak mempersiapkan pengamanan khusus, namun berfokus pada penerapan protokol kesehatan,” tegasnya.

Guna mengurangi risiko penularan Covid-19, pengelola Terminal Tirtonadi rutin menggelar disinfeksi di seluruh area. Ada juga petugas medis yang disiagakan untuk mengantisipasi kondisi darurat.

Baca Juga: Pertamina Pastikan Pasokan BBM Soloraya Sangat Aman Selama Nataru

Hampir semua penumpang di Terminal Tirtonadi sudah mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19, minimal dosis pertama. Pelacakan dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi. Selain itu dia menjamin semua petugas yang berada di terminal dalam kondisi sehat dan siap untuk melayani penumpang.

“Petugas di sini rutin melakukan tes Covid-19 dan hasilnya belakangan ini selalu negatif. Jadi bisa dipastikan semua petugas kami dalam kondisi sehat dan prima,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya