[x] close
Hari Ini Ada Lonjakan Pergerakan Masyarakat Kembali ke Jakarta
Solopos.com|news

Hari Ini Ada Lonjakan Pergerakan Masyarakat Kembali ke Jakarta

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan ada peningkatan pergerakan masyarakat kembali ke Jakarta pada Minggu (16/5/2021) ini.

Solopos.com, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan ada peningkatan pergerakan masyarakat kembali ke Jakarta pada hari ini Minggu (16/5/2021).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah meninjau Pelabuhan Gilimanuk di Bali untuk memeriksa kesiapan pelabuhan mengantisipasi pergerakan masyarakat selepas Lebaran. Di pelabuhan itu diperkirakan akan ada peningkatan arus penumpang pada Minggu.

“Ada kemungkinan proyeksi kenaikan pergerakan orang pasca Lebaran di hari Minggu tanggal 16 Mei 2021. Oleh karena itu saya minta kepada tim untuk melakukan konsolidasi baik mempersiapkan personel dan mekanismenya dengan baik agar pergerakan penumpang tetap terkendali,” kata dia melalui siaran pers yang diterima Bisnis.com, Minggu.

Baca juga: Tragedi Kedungombo, Gubernur Ganjar: Pengelola Harus Tanggung Jawab, Kalau Perlu Izinnya Dicabut!

Menhub mengatakan secara umum pelaksanaan pengendalian transportasi dan pergerakan masyarakat di masa peniadaan mudik di pelabuhan Gilimanuk berjalan baik. Jumlah penumpang menurun signifikan dibanding hari sebelum masa peniadaan mudik.

“Saya mengapresiasi masyarakat yang telah mematuhi kebijakan pemerintah dan Saya juga mengapresiasi para petugas baik dari PT ASDP, TNI/Polri, BPTD dan Dishub yang telah mengorbankan waktu berkumpul bersama keluarga untuk menjalankan tugas pengawasan dan pengendalian transportasi di penyeberangan,” imbuhnya.

Menhub menjelaskan pemerintah saat ini tengah fokus melakukan antisipasi peningkatan mobilitas masyarakat pasca Idulfitri yang berpotensi memicu penularan Covid-19.

Baca juga: Terpaksa Berada dalam Kerumunan? Dokter Paru Sarankan Ini

Pengendalian Transportasi di Tol

Sementara itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. bersama Kepolisian dan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan juga sudah memastikan kesiapan pelaksanaan pengendalian transportasi di jalan tol.

Langkah antisipasi dilakukan seiring perkiraan arus pergerakan masyarakat kembali ke Jakarta pada akhir pekan ini. Arus kendaraan kembali ke Jabotabek dimulai Sabtu (15/5/2021).

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan Jasa Marga mendukung penuh pelaksanaan posko penyekatan kendaraan arah Jabotabek di KM 47B Jalan Tol Jakarta–Cikampek arah Jakarta.

Baca juga: Satu Lagi Jenazah Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Kemusu Boyolali Ditemukan

Di titik tersebut, menurut dia, melalui keterangan tertulis pada Sabtu, pihak Kepolisian akan memeriksa dokumen perjalanan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Langkah ini untuk mengendalikan pergerakan masyarakat kembali ke Jakarta. Di sisi lain, titik penyekatan di KM 31A dan KM 46+500A Jalan Tol Jakarta–Cikampek arah Cikampek sudah dihentikan.

“Sesuai dengan diskresi Kepolisian, mulai Sabtu titik penyekatan fokus untuk kendaraan yang kembali ke arah Jabotabek. Jasa Marga mendukung penyediaan lokasi, penempatan petugas untuk mengatur lalu lintas, hingga penempatan rambu-rambu agar kegiatan ini berjalan lancar,” kata Heru.


Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago