SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan kepala desa atau pilkades. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, KLATEN — Puluhan desa di Klaten direncanakan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) pada 2023. Puluhan desa tersebut menggelar Pilkades lantaran masa jabatan kepala desa (kades) bakal berakhir pada 2023.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Klaten, Jaka Purwanto, membenarkan ada Pilkades pada 2023. Rencananya, ada 67 desa yang bakal menggelar pemilihan. Desa-desa itu terutama desa yang menggelar Pilkades pada 2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Desa-desa itu tersebar di Kabupaten Klaten,” kata Jaka saat ditemui di Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, Senin (31/10/2022).

Selain lantaran masa jabatan kades habis, Pilkades digelar di desa-desa yang saat ini mengalami kekosongan jabatan, salah satunya lantaran pejabat kades meninggal dunia sebelum akhir masa jabatan.

“Yang saat ini mengalami kekosongan jabatan kades itu ada di 20-an desa,” jelas Jaka.

Baca Juga: Desa di Klaten Ini Tak Gelar Seleksi meski Ada 3 Jabatan Perdes Kosong

Sebagai informasi, sebanyak 20-an desa mengalami kekosongan jabatan didominasi karena meninggal dunia. kekosongan jabatan itu kemudian diisi oleh penjabat (Pj).

Soal waktu pelaksanaan Pilkades, Jaka memperkirakan digelar pada pertengahan 2023. Kepastian waktu itu masih dalam pembahasan. Disinggung anggaran, Jaka mengatakan sudah ada persiapan anggaran untuk penyelenggaraan Pilkades.

Kabid Penataan dan Administrasi Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Klaten, Agung Kristantana, mengatakan ada Pilkades serentak pada 2023 mendatang.

“Untuk Pilkades sudah teranggarkan dalam APBD maupun APB desa, sosialisasi, pembentukan panitia, tahapan-tahapan selanjutnya, pemungutan suara, dan pelantikan,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya