Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Siap-Siap! 3 Event Nasional Ini akan Datangkan Jutaan Orang ke Solo

Tiga event besar keagamaan yang diperkirakan akan mendatangkan jutaan orang ke Solo akan digelar pada November mendatang.
SHARE
Siap-Siap! 3 Event Nasional Ini akan Datangkan Jutaan Orang ke Solo
SOLOPOS.COM - Proyek pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed, Gilingan, Banjarsari, Solo, Rabu (8/6/2022), terlihat dari Rooftop Gedung Kampus Unisri Solo. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Jutaan orang diperkirakan akan berdatangan ke Kota Solo dengan adanya tiga event berskala nasional terkait keagamaan pada November 2022 mendatang. Salah satu event itu yakni rangkaian peresmian miniatur Masjid Sheikh Zayed.

Selanjutnya Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) November 2022. “November ini ada peresmian Masjid [Sheikh Zayed], Muktamar Muhammadiyah, dan Pospenas seluruh pesantren Indonesia,” kata Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Hari itu Gibran menerima kunjungan Direktur Urusan Agama Islam Kemenag, M Adib, di Balai Kota Solo. Lebih lanjut, Gibran mengatakan tanggal 14-17 November ada rangkaian peresmian Masjid Sheikh Zayed dengan sederet event keagamaan di Solo.

Gibran mengatakan pemimpin Uni Emirat Arab (UEA) yang akan datang pada KTT G20 di Indonesia bakal datang ke Solo untuk meresmikan miniatur Sheikh Zayed Grand Mosque bersama Presiden Jokowi.

Sementara itu, Adib mengatakan  rangkaian peresmian masjid, yakni  Festival Masjid Nasional dan kick off program penguatan peran masjid moderasi beragama. Kegiatan itu bersifat nasional menyangkut pemberdayaan masjid. Event di Solo itu merupakan kegiatan kali pertama di Indonesia.

Baca Juga: Jutaan Orang Akan Hadiri Muktamar Muhammadiyah Di Solo, PDM Siapkan Ini

Sikap Keberagaman

“Kami kan sekarang menghadapi tantangan dalam kehidupan beragama yang semakin kompleks. Misalkan tren sikap keberagaman yang intoleran. Kemudian ada ekstremisme. Membenturkan sikap keberagamaan dengan prinsip-prinsip kebangsaan. Itu menjadi tantangan, salah satu di antaranya harus diperkuat dengan penguatan moderasi beragama,” jelasnya.

Menurutnya, moderasi beragama bukan agama yang dimoderasi namun sikap beragamanya. Cara pandang beragama yang moderat supaya beragama tidak jatuh dalam sisi ekstrem.

“Kalau sudah ekstrem bertentangan dengan substansi dengan ajaran agama itu sendiri. Fenomena ini harus dikawal bersama terutama dengan  peran-peran masjid,” paparnya.

Baca Juga: Megahnya Kubah Maroko Masjid Sheikh Zayed di Gilingan Solo, Kapan Jadi?

Event lainnya yakni Muktamar ke-28 Muhammadiyah rencananya digelar di Edutorium UMS, Solo, pada 18-20 November 2022. Acara ini sudah diputuskan boleh mengikutsertakan penggembira sehingga orang yang akan ke Solo dan sekitarnya saat agenda itu diperkirakan mencapai jutaan orang.

Sedangkan Pospenas IX di Solo rencananya digelar pada 1-5 November 2022. Acara ini juga mendatangkan peserta dari berbagai penjuru Tanah Air.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode