Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Siang Ini, Mahfud Md Direncanakan Jadi Khatib Jumat di Masjid Agung Solo

Menko Polhukam Mahfud Md direncanakan akan menjadi khatib Salat Jumat di Masjid Agung Solo, Jumat (9/12/2022).
SHARE
Siang Ini, Mahfud Md Direncanakan Jadi Khatib Jumat di Masjid Agung Solo
SOLOPOS.COM - Flyer Salat Jumat Masjid Agung Solo. (Istimewa/Abdul Basid Rohmat)

Solopos.com, SOLO– Masjid Agung Solo untuk kali pertama menggelar Salat Jumat dengan khatib seorang menteri, yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud Md, Jumat (9/12/2022).

Hal itu disampaikan Sekretaris Takmir Masjid Agung Solo, Abdul Basid Rochmad, kepada Solopos.com, Kamis (9/12/2022) malam.

PromosiMesin Baru di Mitsubishi L300 Euro 4: Lebih Bertenaga, Hemat Bahan Bakar

Dia mengatakan ada informasi Mahfud Md akan melakukan ibadah Jumat di Masjid Agung Solo dari kantor Menko Polhukam.

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

Selanjutnya Masjid Agung Solo memohon Mahfud Md menjadi khatib. Sementara M. Thoha Mushtofa Al Hafidz bertugas sebagai imam salat.

“Mudah-mudahan enggak terlambat atau enggak ada perubahan. Kami memohon menjadi khatib,” kata dia.

Baca Juga: Masjid Agung Solo Serahkan Seluruh Infak Jumat untuk Bantu Korban Gempa Cianjur

Basid, sapaannya, apabila Mahfud Md tidak sempat memberikan materi khotbah untuk jemaah ibadah Jumat, pengurus Masjid Agung Solo menjadwalkan silaturahmi dengan pengurus Masjid Agung Solo. Mahfud Md datang ke Solo untuk menghadiri rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono.

“Menteri menjadi khatib di Masjid Agung belum pernah. Pak Mahfud Md kan latar belakang santri dan HMI [Himpunan Mahasiswa Islam]. Jadi biasa jadi khatib,” papar dia.

Menurut dia, pengurus Masjid Agung Solo belum tahu materi apa saja yang akan disampaikan Mahfud Md dalam khotbahnya kepada jemaah Masjid Agung Solo. Masjid Agung Solo ada sekitar 4.000 sampai 5.000 jemaah ibadah Jumat.

“Biasanya Masjid Agung Solo penuh. Jemaah dari mana-mana. Ada dari pedagang yang beraktivitas di Pasar Klewer, Pasar Cinderamata,” papar dia.

Sebelumnya, Masjid Agung Solo menyerahkan seluruh infak Salat Jumat untuk korban gempa Cianjur, Jabar, melalui Baznas Kota Solo, Jumat (25/11/2/22). Sejumlah masjid mengikuti.

Baca Juga: Tak Hanya Jembatan Jurug, Bangunan Warisan Paku Buwono X Lain juga Tangguh

Pada ibadah Jumat itu, Masjid Agung Solo mengajak jemaah untuk melakukan salat gaib untuk korban bencana di Cianjur. Salat gaib dilakukan di sela-sela ibadah Jumat. K H Muhammad Muhtarom bertugas menjadi Imam.

Selanjutnya para pengurus masjid berkumpul di ruang khusus untuk mengumpulkan infak serta menghitung infak yang berada di puluhan kotak infak.

Para pemuda masjid menghitung lembaran uang kertas pecahan Rp1.000 sampai pecahkan Rp100.000 dengan cepat. Sejumlah uang yang dihitung ditali dengan karet.

Kemudian Muhtarom memberikan uang yang terkumpul kepada Ketua Baznas Solo, M. Qoyim. Jumlah dana yang terkumpul di Masjid Agung Solo sebanyak Rp14.450.000.

Muhtarom menjelaskan jemaah Masjid Agung Solo prihatin dengan musibah di Cianjur. Bencana itu mengakibatkan banyak korban yang membutuhkan bantuan.

“Umat Islam di Kota Solo khususnya jemaah Masjid Agung Solo. Kami menginisiasi untuk peduli kepada saudara-saudara kami yang di Cianjur. Hasil infak kami berikan melalui Baznas Solo,” kata dia.



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode