Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Siang Ini, 1000 Model Ramaikan Batik Spectra Nusantara di Kota Lama Semarang

1.000 model yang terdiri dari pejabat tingkat daerah hingga nasional akan tampil berbusana batik dalam acara Batik Spectra Nusantara di Kota Lama Semarang.
SHARE
Siang Ini, 1000 Model Ramaikan Batik Spectra Nusantara di Kota Lama Semarang
SOLOPOS.COM - Ilustrasi fashion show batik (JIBI/Solopos/dok)

Solopos.com, SEMARANG – 1000 model yang terdiri atas pejabat tingkat nasional dan daerah akan berlenggak-lenggok bak seorang model dalam acara Batik Specta Nusantara di kawasan Kota Lama Semarang, Sabtu (1/10/2022) siang, sekitar pukul 14.00 WIB. Acara ini digelar guna menyemarakan Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tangg 2 Oktober.

“Ada banyak kegiatan menarik. Monggo kepada seluruh warga masyarakat bisa datang ke kota Semarang menikmati suasana Kota Lama sekaligus memeriahkan event Batik Specta Nusantara. Jangan lupa untuk berbelanja batik dalam event ini,” ajak Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Sabtu.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Dalam acara tersebut akan tampil 1.000 model dari menteri, pimpinan tertinggi kementerian, kepala daerah atau wakil kepala daerah perempuan, DPR perempuan, Srikandi BUMN, selebgram, komunitas fashion, pelajar dan goweser berbatik dari berbagai daerah.

Menurut Wali Kota Semarang yang karib disapa Hendi, acara ini digelar untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober. Pemerintah Kota Semarang dalam hal ini bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) dan beberapa BUMN dan BUMD, seperti BNI, Bank Jateng, PT. PLN, Semarang IKM Fashion (SIF) dan juga Indonesia Fashion Chamber (IFC).

“Tak hanya itu saja ada gelaran lain seperti Pit-Pitan Batikan, Dolanan Bareng, Workshop Batik, Pasar Tiban Batik, Pameran Batik Kuno, Pameran Fashion dan Craft, serta apresiasi kepada pengrajin batik tempo dulu,” jelasnya.

Baca juga: Mantap Nih! Farel Prayoga bakal Tampil di Perayaan Hari Batik Nasional di Solo

Acara seperti ini pernah rutin digelar pada tahun-tahun sebelumnya. Namun terpaksa absen selama 2 tahun akibat wabah Covid-19.

Batik Specta Nusantara tahun ini diharapkan dapat mendukung pengrajin dan pengusaha batik agar dapat bangkit kembali di era pasca pandemi. Melalui dukungan berbagai acara tambahan, Hendi ingin kegiatan ini berdampak menggerakkan perekonomian khususnya perempuan pelaku IKM dan UMKM.

“Sehingga akan banyak pihak bisa merasakan manfaatnya, di antaranya desainer, pengrajin batik, penjahit, karyawan, hingga pelajar,” jelasnya.

Baca juga: Agenda Solo Hari Ini: Event Batik di Mana-Mana, Ada Acara Makan Gratis juga

Wali Kota Semarang juga menyebut para pelaku pasar kreatif lain akan terbantu dan terdorong untuk memamerkan karya-karya berkualitas dalam acara ini nanti. “Mari kita terus melestarikan batik. Batik bukanlah sesuatu yang ketinggalan jaman, justru dengan semangat dan kreativitas, batik dapat menjadi sesuatu yang kekinian dan tetap relevan mengikuti perkembangan jaman,” tegas Hendi.

Menteri Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati rencana juga akan tampil menjadi salah satu model dalam acara Batik Spectra Nusantara di kawasan Kota Lama Semarang ini.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode