SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

 

Kanalsemarang.com, BATANG — Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mengimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadi bencana yang melanda di daerah setempat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang, Yesaya Simanjuntak mengatakan, meski hujan sudah mulai terjadi di daerah itu tetapi saat ini kondisi wilayah masih relatif aman.

Ekspedisi Mudik 2024

“Akan tetapi kami mengimbau warga lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam yang melanda daerah setempat. Dari pengalaman kejadian sebelumnya, Kabupaten Batang masih relatif aman terhadap bahaya bencana,” katanya, di Batang, Sabtu (13/12/2014).

Ia mengatakan kerawanan bencana alam yang kemungkinan bisa melanda Kabupaten Batang, antara lain banjir, angin kencang, dan gas beracun.

“Akan tetapi, potensi bencana alam tersebut masih relatif kecil dan belum sampai menimbulkan korban jiwa. Namun demikian, kami mengimbau pada warga tetap meningkatkan kewaspdaannya,” katanya.

Ia mengatakan turun hujan sudah mulai merata sehingga hal itu mengisyaratkan pada warga meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

“Kita tentu tidak menghendaki musim hujan akan mengganggu banyak aktivitas masyarakat. Akan tetapi hal itu sudah menjadi siklus alam,” katanya.

Menurut dia, untuk mengantisipasi hal yang terburuk karena bencana, pemkab telah mengonsolidasikan sejumlah relawan untuk mendukung kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

“Sebagian dari relawan itu memiliki sertifikat atau minimal pernah mengikuti pelatihan kebencanaan. Para relawan inilah yang akan menjadi inisiator penanganan saat terjadi bencana di wilayah masing-masing,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya