SOLOPOS.COM - Petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang melayani pemohon dokumen di Mal Pelayan Publik Grobogan, Selasa (14/2/2022). (Istimewa-Kantor Imigrasi Semarang)

Solopos.com, PURWODADI – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang terus melakukan inovasi dalam pelayanan keimigrasian. Inovasi terbaru dalam pengurusan paspor adalah Si Semar Sigap (Imigrasi Semarang Siap Mengantar Paspor).

Inovasi ini memudahkan masyarakat yang sudah mengurus paspor namun karena ada pandemi Covid-19, tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi Semarang. Karena dengan layanan Si Semar Sigap, paspor akan diantar melalui layanan pos sampai ke rumah pemohon.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Layanan ini gratis. Caranya mendaftar melalui nomor Whatsaap Imigrasi Semarang 08112785588. Kemudian kirimkan foto KTP, bukti bayar dan selfie dengan tanda terima permohonan,” ujar Kepala Sub Seksi Teknologi Informasi Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, Raden Satrio Wibowo, di Mal Pelayanan Publik Grobogan, Selasa (12/4/2022).

Baca juga: Resmi! Mantan Ajudan Presiden Jokowi Jabat Pangdam IV Diponegoro

Mengenai keberadaan layanan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang di MPP Grobogan, menurut Satrio untuk saat ini setiap bulannya hanya dua hari saja. Hal ini karena saat ini masih soft launching dan terkait sumber daya manusia atau SDM yang melayani pemohon paspor dan lainnya.

Kendati demikian, lanjut Satrio, pihak Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Grobogan menginginkan pelayanan dokumen keimigrasian nantinya bisa dibuka secara permanen setiap hari. Hanya saja menunggu setelah MPP diresmikan yang rencananya pada akhir 2022.

Kendati hanya dua hari sejak Senin (11/4/2022) hingga Selasa (12/4/2022), dikatakan Satrio, jumlah pemohon layanan keimigrasian cukup banyak. Jumlahnya mencapai 31 pemohon paspor, di mana ada 16 pemohon paspor untuk ibadah umroh.

Baca juga: Jelang Lebaran, Bupati Grobogan Minta Disperindag Cek Harga Migor

“Pemohon selama dua hari di April 2022 memang lumayan banyak. Terutama paspor untuk ibadah umroh setelah ada kebijakan baru dari pemerintah Arab Saudi. Ini berbeda dengan Maret 2022, jumlah pemohon dokumen selama dua hari hanya 10 orang,” jelasnya.

Selain memberikan pelayanan keimigrasian, sambung Satrio, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang juga terus mensosialisasikan aplikasi M-Paspor yang bisa diunduh di Play Store. Yakni aplikasi untuk pendaftaran paspor secara online.

Mekanisme pendaftaran M-Paspor adalah download dan daftar akun M-Paspor, setelah terinstal unggah seluruh persyaratan, kemudian pilih kantor imigrasi dan jadwal kedatangan. Lakukan pembayaran melalui bank, setelah itu datang ke kantor imigrasi. Paspor dapat diambil setelah 4 hari kerja dan lulus wawancara oleh petugas.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya