Shopee Umumkan Gangguan Setelah Kebakaran di Gedung Cyber 1

Shopee umumkan alami gangguan beberapa jam setelah peristiwa kebakaran Gedung Cyber 1.
Shopee Umumkan Gangguan Setelah Kebakaran di Gedung Cyber 1
SOLOPOS.COM - Tangkapan layar berisi pengumuman gangguan layanan dilayangkan Shopee melalui akun Instagramnya.

Solopos.com, JAKARTA – Shopee mengumumkan gangguan layanannya beberapa jam setelah peristiwa kebarakan di Gedung Cyber 1, Jakarta Selatan, Kamis (2/12/2021). Beragam keluhan pun dilayangkan para pengguna menyusul pengumuman tersebut.

Belum jelas adakah kaitannya antara server Shopee dan pusat data di Gedung Cyber. Shopee hanya menuliskan kabar gangguan pada akun media sosialnya, Kamis sore. “Sobat Shopee, beberapa layanan Shopee dan juga layanan Mitra Shopee tengah mengalami gangguan. Shopee mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Namun tidak perlu khawatir, transaksi yang telah dilakukan pelanggan dan mitra akan dapat segera dilakukan kembali,” tulis akun tersebut.

Baca Juga: Kalah Derbi, Pelatih Persis Solo Dijual di Shopee

Dilansir Bisnis.com, Gedung Cyber merupakan salah satu area kerja PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Pemadaman gedung Cyber 1 telah ditangani oleh Petugas pemadam kebakaran atau Damkar dari Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan.

Meski demikian, pihak Shopee Indonesia tidak menjelaskan dengan detail penyebab gangguan layanan tersebut. Apakah akibat kebakaran gedung Cyber 1 atau di luar kejadian tersebut. Sebelumnya, seorang netizen di Twitter mengabarkan bahwa data center berada di gedung Cyber 1 yang terbakar siang ini. “Guys shopee data center nya kebakaran, dont do any transaction dlu for the time being ya just in case,” tulis akun Twitter @sungjinhyung, Kamis (2/12/2021).

Baca Juga: Kebakaran Gedung Cyber Jakarta, Dua Orang Meninggal Dunia

Musibah kebakaran di Gedung Cyber 1, Kuningan, Mampang, Jakarta Selatan memakan dua korban jiwa. Selain itu, terdapat satu korban lainnya masih menjalani perawatan. Pemadam Kebakaran DKI Jakarta melalui akun Twitter @humasjakfire menyatakan bahwa kebakaran terjadi di lantai 2 di Gedung Cyber 1. “Pengerahan di TKP sebanyak 22 unit. Informasi saat ini terdapat 3 korban [1 sadarkan diri dan 2 meninggal dunia] sudah di bawa ke RSUD untuk penanganan lebih lanjut,” cuit akun Twitter @humasjakfire, Kamis (2/12/2021).

Sementara keluhan para pengguna Shopee ditunjukkan melalui berbagai komentar, salah satunya pada kolom di akun Instagram Shopee.id. Mereka sebagian mengaku kesulitan untuk mengakses aplikasi.

Baca Juga: ShopeePay 12.12 Birthday Deals Hadir Rayakan Pencapaian UMKM di 2021

Ada pula keluhan mengenai sulitnya top up hingga kesulitan mendapatkan OTP. Keluhan tak bisa menggunakan voucher transaksi di jaringan Alfamart dan Indomaret pun dirasakan. Bahkan karena kegagalan itu netizen mengaku terkena omelan akibat antrean di kasir.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago