SOLOPOS.COM - Shopee melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada sejumlah karyawannya di Indonesia. (Bisnis)

Solopos.com, SOLO — Shopee resmi melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada sejumlah karyawannya di Indonesia.

Langkah yang diambil ini sebagai bagian efisiensi yang dilakukan perusahaan karena dampak ketidakpastian ekonomi. Lantas bagaimana nasib para karyawan Shopee yang kena PHK selanjutnya?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikabarkan ebanyak 187 karyawan Shopee Indonesia telah diberi PHK oleh pihak Shopee. Mengutip dari Straits Times, Selasa (20/9/2022), menurut laporan Business Times, PHK Shopee kali ini termasuk staf di bagian sumber daya manusia (SDM), operasi regional, pemasaran, dan produk dan teknik.

Sementara itu, dalam keterangan resminya pada Senin (19/9/2022) Head of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira menjelaskan penyebab Shopee Indonesia harus melepas sejumlah karyawannya. Keputusan tersebut merupakan langkah terakhir yang harus ditempuh, setelah melakukan penyesuaian melalui beberapa perubahan kebijakan bisnis.

“Kondisi ekonomi global menuntut kami untuk lebih cepat beradaptasi serta mengevaluasi prioritas bisnis agar bisa menjadi lebih efisien. Ini merupakan sebuah keputusan yang sangat sulit,” ujarnya seperti dilansir Bisnis.com.

Baca Juga: Intip Besaran Modal Buka Usaha Agen Ekspedisi Beserta Syaratnya

Ia pun menambahkan sebanyak 187 karyawan yang terdampak tersebut juga masih dapat menggunakan fasilitas asuransi kesehatan perusahaan hingga akhir tahun dengan seluruh manfaatnya.

Tak hanya itu Radynal pun menuturkan bahwa bagi karyawan yang terdampak PHK akan diberikan pesangon berupa satu bulan gaji.

“Proses ini akan dilakukan berdasarkan peraturan pemerintah. Karyawan yang terdampak akan mendapatkan pesangon sesuai ketentuan perundang-undangan dengan tambahan satu bulan gaji,” ujarnya.

Sebagai informasi, berkaitan dengan PHK karyawan yang tengah terjadi ini, pihak Shopee memastikan tak mempengaruhi operasi bisnis dan layanan kepada penjual, pembeli, dan mitra lain di Indonesia.

“Shopee Indonesia juga memastikan langkah ini tidak akan mempengaruhi operasi bisnis dan layanan kepada seluruh penjual, pembeli dan mitra di Indonesia,” imbuhnya Radynal.

Baca Juga: Shopee Indonesia PHK Sejumlah Karyawan, Layanan Tetap Berjalan

Shopee Indonesia masih akan terus melanjutkan misi melayani penjual, pembeli, bahkan UMKM. Tercatat saat ini Shopee melayani jutaan pembeli dan penjual termasuk UMKM dan pengusaha lokal di 514 kota dan kabupaten se-Indonesia. Itulah ulasan informasi mengenai shopee PHK karyawan.

Belum lama ini pun, Shopee dikabarkan telah menutup layanan di 4 negara, yakni Chili, Kolombia, Meksiko dan Argentina.

Dilansir dari Dealstreet Asia pada Jumat (9/9/2022) mengatakan perusahaan yang berbasis di Singapura akan mempertahankan operasi lintas batas di tiga negara pertama, tetapi akan memangkas sebagian besar timnya di negara-negara tersebut, yang mempengaruhi lusinan karyawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya