SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (tengah), bersama Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja (kanan), saat meresmikan Kantor Shopee Solo di Solo Paragon Mall, Senin (11/10/2021) siang. (Solopos/Ika Yuniati)

Solopos.com, SOLO — E-Commerce Shopee membuka kantor baru di kompleks Solo Paragon Lifestyle Mall, Senin (11/10/2021). Mereka menargetkan bisa menyerap 2.000 tenaga kerja lokal sekaligus mendukung perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Bengawan.

Peresmian kantor baru ini dihadiri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja, Owner Representative SEA Group Kiky Hapsari, serta jajaran Stakeholder Kota Solo. Pembukaan kantor baru ini merupakan upaya Shopee memperkuat dan mendorong pertumbuhan UMKM lokal di tengah pemulihan ekonomi masa pandemi Covid-19.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain itu juga memberi kesempatan warga lokal ambil bagian dari ekosistem teknologi berskala global. Serta menjadi kelanjutan dukungan Shopee untuk Kota Solo setelah sebelumnya membuka Kampus UMKM Ekspor pada Mei lalu.

Target 2.000 pekerja lokal tersebut menjadi kebutuhan mereka hingga 2022. Berlokasi di Solo Paragon Lifestyle Mall, kantor Shopee ini akan menempati dua lantai dengan luas area lebih dari 7.000 meter persegi.

Baca Juga: 45 Pondok Pesantren di Solo Diusulkan Dapat Dana Hibah dari APBD

“Kantor Shopee Solo Paragon diharapkan bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi jumlah pengangguran terbuka di Kota Solo yang mengalami kenaikan akibat dampak pandemi pada 2020 sebesar 90,59%,” kata Handhika, Senin.

Pada sisi lain, kantor Shopee Solo Paragon juga difokuskan untuk mengakomodasi kebutuhan UMKM lokal. Mulai dari pendaftaran, pelatihan hingga program ekspor. Handhika dalam sambutannya menjelaskan soal tagline #ShopeeAdaUntukSemua.

Menjawab Tiga Tantangan

Tagar tersebut menjadi program mereka dalam membangun Indonesia. Pemulihan ekonomi Indonesia, menurutnya, akan bergantung pada UMKM dan tenaga kerja. Apabila mampu menciptakan peluang dan meningkatkan ketangguhan UMKM, berarti mampu mencegah pengurangan tenaga kerja nganggur yang lebih besar. Selain itu membantu membangkitkan kembali ekonomi negeri.

Menurut Handhika, Kantor Shopee Solo Paragon menjawab dua tantangan sekaligus. Pertama, tantangan membawa lebih banyak orang ke dalam ekosistem ekonomi digital. Kedua, tantangan pertumbuhan ekonomi daerah.

Baca Juga: Persis Solo Vs PSIM, Penyelenggara Nonbar Siap-Siap Dijerat Pakai 2 UU

Gibran mengapresiasi komitmen Shopee membuka lapangan pekerjaan serta mendampingi UMKM Solo. Apalagi banyak anak muda yang ikut digandeng e-commerce yang sedang naik daun ini. Ia bakal mendukung dengan memberikan kemudahan regulasi yang dibutuhkan.

Sekarang ini, menurut Gibran, merupakan momen yang tepat untuk bangkit dari pandemi. Apalagi capaian vaksinasi Kota Solo saat ini sudah cukup tinggi. Ia juga mengajak lebih banyak perusahaan membuka kesempatan kerja bagi warga Solo.

“Kami menyambut baik pembukaan Kantor Shopee di Solo Paragon dan melihat dukungan yang diberikan Shopee bagi Kota Solo sebagai angin segar untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal, selain juga akan mendukung UMKM dengan lebih maksimal,” jelasnya.

Gibran pun mengucapkan terima kasih kepada Shopee yang membawa Kota Solo untuk menjadi bagian penting dari komunitas dunia, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan perkembangan UMKM lokal, secara bersama-sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya