SOLOPOS.COM - Alfriyanto Nico berlari kencang meluapkan kegembiraan seusai membobol gawang Filipina dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, BEKASI – Timnas Indonesia baru saja menang telak 5-1 atas Filipina di Grup A sekaligus membuka peluang lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Pasukan Merah Putih bermain rancak sepanjang pertandingan di berbagai posisi. Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, mengatakan bahwa dirinya menginginkan para pemainnya dapat mengisi lebih dari satu posisi alias multiposisi di lapangan.

“Saya ingin pemain bisa bermain di setiap posisi. Itu memang menjadi salah satu taktik kami,” ujar Shin Tae-yong di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (8/7/2022) malam WIB seusai pertandingan seperti dikutip Antara.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Juru taktik asal Korea Selatan itu menyebut bahwa dirinya ingin anak asuhnya terus bergerak dan saling bertukar posisi ketika berlaga. Bahkan, ada kalanya pemain Timnas Indonesia tidak ditempatkan di posisi tertentu karena tugasnya mencari ruang kosong untuk menerima bola.

Shin Tae-yong mencontohkan sosok Alfriyanto Nico dan Subhan Fajri yang perannya di Timnas U-19 berbeda dengan di klub.

Di klub, Nico kerap mengisi posisi penyerang sayap, sementara Subhan adalah pemain sayap. Namun, di Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong mengubah posisi mereka menjadi bek sayap (wing back).

Baca Juga: Laga Terakhir Grup A Piala AFF U-19, Indonesia Harus Kalahkan Myanmar

Di posisinya saat ini, Nico sudah melesakkan dua gol di Piala AFF U-19 2022. Terkini, Jumat (8/7/2022), pesepak bola berusia 19 tahun itu membuat gol ke gawang Filipina untuk membawa Indonesia menang 5-1.

Saat melawan Filipina itu, Nico sempat terjatuh dan dibawa ke luar lapangan. Namun, Shin Tae-yong memintanya untuk kembali ke lapangan setelah sang pemain mendapatkan perawatan sekitar empat menit.

Baca Juga: Klasemen Grup A Piala AFF U-19 2022: Kans Indonesia Lolos Kian Terbuka

“Nico hanya kram. Saya sempat melihat dia untuk memastikan keadaannya. Akan tetapi, saya mau tak mau harus memaksanya bermain karena jatah pergantian pemain sudah habis,” kata Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia U-19 saat ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan koleksi delapan poin dari empat laga (selisih gol 11). Timnas Indonesia akan lolos ke semifinal jika mampu menundukkan Myanmar pada laga terakhir mereka, Minggu (10/7/2022), di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya