SOLOPOS.COM - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyampaikan keterangan pers seusai mengikuti rapat terbatas terkait perkembangan persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (8/9/2022). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Solopos.com, JAKARTATimnas Indonesia akan menggunakan tujuh pemain keturunan di luar negeri  atau naturalisasi saat Piala Dunia U-20 2023. Langkah itu sesuai dengan permintaan pelatih Shin Tae-yong.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengaku sudah menyampaikan rencana tersebut kepada Presiden Joko Widodo saat mengikuti rapat kabinet terbatas terkait perkembangan persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami melaporkan rencana yang diminta oleh pelatih. Ada tujuh pemain yang mungkin akan kita pakai, semuanya berasal dari Belanda,” katanya dalam keterangan pers selepas rapat, sebagaimana dilansir dari Antara.

Baca Juga: Shin Tae-yong Ajukan Pemain Naturalisasi untuk Piala Dunia U-20

Ekspedisi Mudik 2024

“Dua nama sudah pasti, lima lainnya sedang kita jajaki. Tidak ada masalah karena ini permintaan dari pihak pelatih ya,” ujar Iwan Bule, panggilan Mochamad Iriawan.

Dua pemain yang sudah bersedia membela Indonesia adalah gelandang Ivar Jenner yang saat ini terdaftar sebagai pemain level U-21 klub Belanda FC Utrecht dan bek tengah klub Inggris Wolverhampton U-21 Justin Hubner. Keduanya saat ini berusia 18 tahun.

Untuk lima pemain lainnya yang masih dijajaki, Iwan Bule belum berkenan mengungkapkan tapi memastikan  pihaknya terus berkomunikasi rutin dengan yang bersangkutan sekaligus orang tuanya.

Baca Juga: Jumlah Stadion Piala Dunia U-20 di Indonesia Mungkin Berkurang

“Karena ini kan tetap harus ada izin orang tua, mereka masih kecil-kecil. Tapi yang jelas ada darah keturunan dan semoga saja mau,” kata dia.

Sebelumnya pada Selasa pekan lalu (30/8), pelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong sudah mengutarakan bahwa dia telah mengajukan sejumlah pemain naturalisasi yang bisa memperkuat Indonesia dalam Piala Dunia U-20.

“Saya mengajukan hari ini. Pak Ketua Umum PSSI sudah mengatakan akan membantu prosesnya semakin cepat,” kata Shin saat memimpin sesi latihan Timnas U-19 di Lapangan Sepak Bola A Gelora Bung Karno.

Baca Juga: Diluncurkan saat HUT ke-77 RI, Ini Makna Lambang Piala Dunia U-20 2023

Dalam sesi latihan tersebut juga terdapat tiga pemain keturunan Indonesia dari Belanda yang ambil bagian yakni Kai Boham, Jim Croque, dan Max Christoffel. Akan tetapi Shin menilai performa ketiganya belum layak.

Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang bakal digelar pada 20 Mei sampai dengan 11 Juni 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya