SOLOPOS.COM - Shayne Pattynama (pssi.org)

Solopos.com, JAKARTA—Salah satu calon pemain naturalisasi Shayne Pattynama, 24, saat ini sudah berada di Jakarta. Pemain asal Belanda tersebut mengikuti rangkaian proses naturalisasi untuk membela Timnas Indonesia dan persetujuan dari Komisi X DPR RI.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mendapat undangan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk menghadiri rapat bersama Komisi X DPR terkait proses naturalisasi pemain bernama lengkap Shayne Elian Jay Pattynama di Gedung DPR RI Senayan Jakarta pada Selasa (8/11/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya melihat antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat Indonesia terhadap proses naturalisasi Shayne. Tinggal sedikit lagi alur yang mesti kita lewati untuk melihat Shayne mengenakan seragam kebanggaan Timnas Indonesia,” kata Iriawan dilansir dari laman resmi PSSI.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Selangkah Lagi Jordi Amat dan Sandy Walsh Perkuat Timnas Indonesia

“Insya Allah besok saya akan memberikan keterangan dukungan terkait Shayne. Semoga Komisi X menyetujui  permohonan pemberian kewarganegaraan untuk Shayne. Dan semoga segala prosesnya berjalan dengan baik demi Timnas Indonesia yang lebih kuat,” tambahnya.

Kehadiran Shayne sangat dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-Yang. Shayne juga berpengalaman bermain di Liga Eropa. Kini dia bermain di Liga Norwegia bersama Viking FK.

Shayne sudah mencatatkan 26 enam penampilan sejak dikontrak dari musim 2021. Di sana Shayne Pattynama berhasil mencatatkan dua gol meski bermain sebagai posisi bek.

Baca Juga: Shayne Pattynama Segera Susul Jordi-Sandy Gabung Timnas Indonesia

Sebelumnya dua pemain telah melakukan proses naturalisasi yaitu Jordi Amat, 30, dan Sandy Walsh, 27. Mereka merupakan pesepak bola berposisi bek yang masing-masing berasal dari Spanyol serta Belanda.

Mereka lama berkarier di Eropa. Jordi, seorang bek tengah, sempat memperkuat tim-tim seperti Espanyol, Swansea City dan Real Betis. Kini, dia merumput di Liga Super Malaysia bersama tim Johor Darul Ta’zim.

Sementara Sandy Walsh adalah pesepak bola yang tak pernah berkarier di luar Belgia. Saat ini, bek kanan itu tercatat sebagai pemain KV Mechelen di Liga Belgia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya