SOLOPOS.COM - Tamu undangan pembukaan Solo Great Sale 2022 mencoba pengalaman belanja virtual melalui kamera. (Solopos.com/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLOMasyarakat Solo kini sudah bisa merasakan sensasi perdana belanja secara virtual dalam event Solo Great Sale (SGS) 2022.

Bersamaan dengan pembukaan SGS 2022 pada Minggu (25/9/2022), Virtual Reality (VR) Solo Great Sale (SGS) Go Infinity atau VR SGS Go Infinity resmi diluncurkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

VR atau realitas virtual merupakan teknologi di mana penggunanya bisa berinteraksi dengan lingkungan hasil simulasi komputer.

Pengguna seolah akan dibawa masuk ke lingkungan sungguhan yang ada di video. VR SGS sendiri hadir dengan konsep Kota Solo, lengkap dengan expo tenant dan suasana transaksi sungguhan di Pasar Gede.

Beberapa tokoh yang hadir dalam pembukaan SGS 2022 turut menjajal pengalaman baru itu. Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemerinta Provinsi Jawa Tengah, dan beberapa perwakilan dari lembaga keuangan di Solo. Mereka diberi kesempatan memakai alat VR dan merasakan sensasi belanja virtual.

Baca Juga: Lebih dari 30 Event Pendukung Solo Great Sale 2022 Telah Disiapkan

Tim IT SGS 2022 sekaligus Founder VR SGS Go Infinity, Astrid Widayani, mengatakan VR SGS Go Infinity menjadi salah satu upaya digitalisasi transaksi. Panitia SGS 2022 memang tengah memaksimalkan transaksi nontunai. Sehingga VR SGS Go Infinity diharapkan mampu menarik minat pembeli dalam bertransaksi.

“SGS tahun ini banyak mendukung digitalisasi. VR SGS Go Infinity dalam SGS menambahkan satu pengalaman belanja baru secara virtual,” kata Astrid saat launching SGS Go Infinity, Minggu di Halaman Loji Gandrung Solo.

Disaksikan oleh ratusan pengunjung Solo Car Free Day (CFD), para tamu mencoba masuk dunia belanja virtual. Mereka memakai alat VR di kepala dan mengarahkan alat ke arah layar.

Astrid mengatakan masyarakat bisa menikmati sensasi berbelanja secara virtual melalui gawai masing-masing atau bisa juga menggunakan alat VR. Masyarakat cukup mengunduh aplikasi SGS Go di playstore. Kemudian masukkan akun atau daftar lebih dulu.

Baca Juga: Hari Ini, Solo Great Sale 2022 Dimulai, 23.000 Pelaku Usaha Ikuti SGS

“Masyarakat bisa buka di handphone masing-masing atau bisa juga bagi yang punya alat VR,” imbuh dia.

Sebelumnya, Astrid mengatakan VR SGS Go Infinity tak hanya khusus gelaran event SGS 2022, realitas virtual ini juga nantinya bisa dimanfaatkan Pemkot Solo saat mereka hendak menggelar expo secara virtual.

VR menjadi salah satu jawaban bila gelaran event tak harus digelar di sebuah tempat (venue).

“Tentu ya karena di sini saya bangun ekosistem virtual baru. Biasanya event digelar di venue, ini kita buatkan ekosistem baru yang bisa dimanfaatkan tidak hanya SGS tapi juga Pemkot Solo saat mereka ingin mengadakan expo virtual,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya