SGS 2021 Libatkan 117 Merchant Termasuk dari UMKM

Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pelaku bisnis online juga turut berpartisipasi dalam event Solo Great Sale (SGS) 2021.
SGS 2021 Libatkan 117 Merchant Termasuk dari UMKM
SOLOPOS.COM - Ilustrasi salah satu tempat pamer UMKM. (Antara)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pelaku bisnis online juga turut berpartisipasi dalam event Solo Great Sale (SGS) 2021. Total ada sekitar 117 merchant peserta SGS 2021 yang berasal dari kategori UMKM, Industri Kreatif dan Bisnis Online.

UMKM, industri kreatif dan bisnis online diharapkan bisa ikut meramaikan event SGS tahun ini. Terlebih Solo juga memiliki potensi dalam pengembangan UMKM dan industri kreatif, serta bisnis online.

Berdasarkan informasi yang diunggah di aplikasi Solo Sale Go, sejumlah merchant kategori UMKM, Industri Kreatif dan Bisnis Online, di antaranya ada usaha pembuatan wayang kulit dan souvenir, usaha batik, usaha makanan dan minuman, distributor logam mulia, kerajinan, cinderamata, bengkel kendaraan listrik dan sebagainya.

Baca Juga: Menghadirkan Semangat Sekaten, Pemkot Jogja Gelar Sekati YK Ing Mall

Pelibatan UMKM dalam program SGS ini juga mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termausk dari pemerintah pusat. Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, mengatakan pelibatan UMKM dan ekonomi digital dalam pelaksanaan SGS menjadi kelebihan tersendiri.

“Ini menjadi sinergi berbagai pihak untuk mengangkat UMKM dan mendorong percepatan ekonomi di masa pandemi,” kata dia dalam pembukaan SGS lalu.

Apresiasi juga disampaikan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki. “Kami mengapresiasi pelaksanaan SGS. Saat ini yang perlu digenjot adalah UMKM. Belanja produk UMKM adalah hal tepat. Belanja di tengah pandemi ini ibadah. Ini meski menjadi contoh kota lain. Semoga target tercapai,” kata dia saat berkunjung ke Solo belum lama ini.

Baca Juga: Rekomendasi Bisnis di Masa Pandemi yang Bisa Dicoba

Dia juga mendukung pelaksanaan SGS yang memanfaatkan ekonomi digital. “Ini sejalan dengan semangat transformasi digital di Kementrian Koperasi dan UKM,” lanjut dia.

Dia menyebutkan saat ini sudah ada sekitar 15,9 juta UMKM yang telah terhubung ke ekosistem digital. Jumlah itu naik 100% dibandingkan sebelum pandemi yang hanya sekitar 8 juta UMKM. Ditargetkan pada 2024 nanti ada 30 juta UMKM yang terhubung ke ekosistem digital.

Ketua Panitia SGS 2021, M. Farid Sunarto, belum lama ini juga menyampaikan, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan SGS tahun ini juga melibatkan sejumlah merchant dari sektor UMKM. Diharapkan pelaksanaan SGS juga dapat mengembangkan sektor UMKM di Solo dan sekitarnya.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago