SOLOPOS.COM - Kapolsek Polokarto, AKP Sriyadi (tengah) menyaksikan anggotanya menyerahkan sekantong lele kepada warga yang baru selesai divaksinasi, Kamis (12/8/2021). Lele itu merupakan hasil panen dari kolam di Mapolsek Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO—Menjalani vaksinasi lalu mendapatkan kartu itu biasa. Tapi setelah divaksinasi lalu mendapat hadiah ikan lele, itu baru Polsek Polokarto punya cerita.

Peristiwa unik ini terjadi Kamis (12/8/2021). Bersamaan dengan jadwal vaksinasi di Desa Bulu, Polokarto, Sukoharjo, Jawa Tengah, aparat Polsek setempat memanen ikan lele yang merupakan bagian dari program ketahanan pangan yang digaungkan Polres Sukoharjo beberapa waktu terakhir.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ikan-ikan tersebut lantas dibagikan kepada warga yang baru usai menjalani vaksinasi. Sebagian masyarakat terkejut saat diberi paket tak biasa tersebut.

Baca Juga: Kereen, Polsek Polokarto Budi Daya Lele dan Hidroponik di Lahan Kosong 

Selain memberi ikan lele kepada masyarakat yang menjalani vaksinasi, kemarin aparat Polsek Polokarto juga memberikan bantuan sembako kepada warga yang menjalani isolasi mandiri akibat terpapar virus corona. Paket sembako terdiri atas beras, minyak, teh dan mi instan.

“Tujuan pembagian sembako beras dan ikan lele ini adalah agar masyarakat mengurangi mobilitas dalam rangka mencari kebutuhan pokoknya namun tetap dapat terpenuhi kebutuhan pokoknya,” ujar Kaposek Polokarto AKP Sriyadi mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setiawan, SIK dalam rilisnya, Kamis (12/8/2021).

100 Paket

Didampingi sejumlah anggotanya, Kapolsek membagikan sembako dan ikan lele yang dipanen dari Kolam Pandawa Polsek Polokarto.

Acara bakti sosial berlangsung mulai pukul 09.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 12.00 WIB. Jumlah paket yang dibagikan adalah 100 kantong lele dan 100 kantong sembako. “Selama kegiatan berjalan aman, tertib, lancar dan terkendali. Tetap dengan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

Baca Juga: Budi Daya Lele Jadi Harapan Pengentasan Kemiskinan di Desa Kadipiro, Sambirejo, Sragen 

Polsek Polokarto saat ini didaulat sebagai percontohan ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan di sekitar Mapolsek untuk kolam ikan.

Saat ini ada tujuh kolam yang siap ditebari benih lele dengan jumlah 3.000 ekor ikan per kolam. Ke depan akan ada tambahan tiga kolam lagi.

Tak hanya budidaya lele, Polsek Polokarto juga membudidayakan tanaman hidroponik berupa sawi dan bayam. Program ketahanan pangan itu akan dilakukan juga di polsek-polsek lainnya di Sukoharjo.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya