SOLOPOS.COM - Mantan Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) H Muhammad Zainul Majdi (kanan), bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di Puri Gedeh, Semarang, Jumat (28/10/2022). (ANTARA/HO-Rian)

Solopos.com, MATARAM — Tak lama setelah kena sanksi dari PDIP terkait kesiapan sebagai capres, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapat kunjungan dari Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo, Tuan Guru Bajang (TGB) H. Muhammad Zainul Majdi.

TGB memuji Ganjar Pranowo sebagai figur yang punya komitmen kebangsaan kuat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam keterangan resmi yang diterima di Mataram, Jumat (28/10/2022), TGB menegaskan kesepakatan itu hasil dari diskusi yang menghasilkan kesepahaman perihal dinamika berbangsa dan bernegara.

“Kami belum bicara soal dukung mendukung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 2024,” kata TGB yang juga Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Indonesia.

Baca Juga: Sama-sama Senior, Ini Alasan Rudy Dihukum Lebih Berat Dibandingkan Ganjar

Menurut mantan Gubernur NTB dua periode itu, Ganjar Pranowo berkomitmen untuk menjadikan perbedaan yang ada tidak dipertajam sebagai alat kepentingan politik.

Tapi menjadikan perbedaan di Indonesia menjadi modal sosial untuk kekuatan bangsa.

“Bukan menjadi sesuatu yang dipertentangkan dan dihadapkan satu dengan yang lain tetapi menjadi satu modal untuk berkolaborasi,” ujarnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Baca Juga: Anies Baswedan Dihadiahi Habib Novel Tanduk Rusa, Tak Bicara Soal Pilpres

Menurut TGB, sosok Ganjar Pranowo merupakan figur yang punya komitmen kebangsaan kuat.

Sikap yang selama ini ditunjukkan Gubernur Jawa Tengah itu, menurut TGB, menjadi ruh yang menjaga kebinekaan Indonesia dari friksi hingga konflik.

“Pak Ganjar orang baik, komitmen, dan salah satu yang menonjol adalah beliau punya komitmen sangat kuat terhadap keberagaman, nilai-nilai fundamental, dan menjaga kita sebagai suatu bangsa,” ucap Ketua Umum PB Nahdlatul Wathan Diniyyah Islamiyah (NWDI) itu.

Langkah Baik

Pengamat politik sekaligus Pendiri Lembaga KedaiKOPI, Hendri Satrio, mengatakan pertemuan antara TGB dengan Ganjar Pranowo merupakan langkah yang baik.

Pria yang akrab disapa Hensat ini menilai, TGB yang juga cucu Pahlawan Nasional TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid itu mengatakan istimewa dan mudah diterima semua tokoh.

Oleh sebab itu, ia memprediksi TGB akan terus menemui banyak tokoh nasional.

Baca Juga: Capres Partai Nasdem Anies Baswedan Kunjungi Habib Novel di Solo

Setelah bertemu Ganjar Pranowo, tidak menutup kemungkinan TGB akan bertemu Anies Baswedan, dan Puan Maharani.

“Komitmen TGB terhadap Indonesia dan kebangsaan sudah teruji. Saya yakin nanti akan bertemu dengan banyak tokoh yang dibicarakan publik,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya