SOLOPOS.COM - Kampus UNS Solo (Solopos-dok)

Solopos.com, SOLO — Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan semakin memperluas jangkauan kampus ke wilayah Jawa Timur. Hal tersebut tersirat dari antusiasme Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho saat merespons Bupati Magetan, Suprawoto yang menawarkan lahan seluas 20 hektare (ha) di wilayahnya untuk pembangunan kampus baru.

“Terima kasih sudah menyediakan tanah sekitar 20 hektare di Magetan. Kami instruksikan kepada Direktur Sekolah Vokasi [SV UNS] dan Dekan Fakultas Teknik [FT] untuk segera meminang,” ujar Jamal saat menemui Suprawoto di Ruang Sidang 2 Gedung dr. Prakosa UNS, Jumat (18/9/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Keduanya bertemu untuk menandatangani nota kesepahaman tentang Sinergi Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan dalam Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Guna Mendukung Pembangunan Magetan.

Dicari! Petani Milenial di Kabupaten Sukoharjo

Bupati Suprawoto mengatakan di Jawa Timur khususnya bagian barat belum ada perguruan tinggi negeri. “Di Surabaya ada perguruan tinggi negeri, di Malang ada, di Jember ada. Tapi di Magetan belum ada. Di Magetan baru ada Akademi Kebidanan dan Akademi Teknik Lingkungan,” ujarnya dalam siaran pers UNS.

Menurutnya, kondisi ini menjadi kesempatan bagi UNS yang berkantor pusat di Solo ini untuk mendirikan kampus di Magetan. “Sudah waktunya UNS mendirikan universitas di Magetan.”

“Dengan adanya universitas di Magetan, semoga bisa memfasilitasi warga Magetan untuk menempuh studi. Karena kalau harus kuliah di luar kota dan kos, maka biayanya akan bertambah. Kami sediakan tanah di Magetan jika memang UNS bersedia membangun kampus di sana. Dan kami sangat berharap UNS bersedia,” imbuhnya.

Bikin Kagum! Ini Sosok Rikho Jerikho, Pemuda Wonogiri Peneliti Ikan “Alien” di WGM

Ia menambahkan di Magetan masih banyak proyek-proyek yang bisa dikolaborasi dengan UNS, antara lain manajemen air, pengembangan wilayah, pertanian, dan pariwisata.

UNS sebelumnya sudah membuka sekolah vokasi di Caruban, Madiun. Bahkan sekolah vokasi tahun ini sudah membuka pendaftaran mahasiswa baru pada Program Studi (Prodi) Diploma 3 (DIII) Akuntansi, DIII Teknik Informatika, dan DIII Teknologi Hasil Pertanian (THP).

Sebelum acara penandatanganan nota kesepahaman tersebut, Rektor Jamal dan Bupati Suprawoto beserta rombongan pihak masing-masing berkeliling lingkungan UNS dengan bersepeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya