SOLOPOS.COM - Presiden FIFA Gianni Infantino (kanan) didampingi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyapa sejumlah awak media setibanya di Kantor PSSI di Jakarta, Selasa (18/10/2022). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa)

Solopos.com, JAKARTA—Presiden FIFA Gianni Infantino bertemu dengan pengurus PSSI setelah bersua dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka Jakarta.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Vivin Cahyani Sungkono mengatakan di Kantor PSSI, Jakarta, Selasa (18/10/2022) , berlangsung emosional.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pertemuan yang sangat dramatis dan emosional karena kami semua merasa sangat sedih dan prihatin. Sejak PSSI berdiri pada 1930, baru kali ini Presiden FIFA datang ke Indonesia dan itu bukan untuk merayakan kemenangan tetapi justru terkait kejadian yang memilukan,” ujar Vivin seusai pertemuan tersebut.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan Tak Ubah Sikap FIFA Gelar Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

Ekspedisi Mudik 2024

Dia melanjutkan, pada kesempatan itu, FIFA menegaskan komitmen untuk membantu Indonesia membenahi sistem persepakbolaannya seusai peristiwa berdarah di Stadion Kanjuruhan, Malang. Selain itu, FIFA juga memberikan masukan soal evaluasi internal organisasi PSSI.

Menurut Vivin, hal itu salah satunya dilakukan melalui satuan tugas (task force) transformasi sepak bola Indonesia yang beranggotakan FIFA, AFC, PSSI dan beberapa kementerian. “Kemudian kami juga fokus dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 tahun depan,” tutur dia.

Soal Piala Dunia U-20 2023 yang digelar pada 20 Mei-11 Juni 2023, Vivin menggarisbawahi PSSI akan memastikan semua pesepak bola yang berkompetisi merasakan atmosfer Indonesia yang aman dan nyaman.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Mengapa PSSI Tak Hadir di Istana Sambut Presiden FIFA

PSSI tidak ingin para pemain dunia waswas berlaga di Indonesia pascatragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang menyebabkan 133 orang meninggal dunia dan membuat ratusan lainnya dirawat di rumah sakit.

“Kami mau memastikan semua pemain berkompetisi dalam kondisi yang aman dan nyaman. Semua suporter juga bisa menikmati pertandingan dengan bahagia karena itulah kaidah sepak bola yang sesungguhnya,” kata Vivin.

Sebelum bersua dengan PSSI di Jakarta, Presiden FIFA Gianni Infantino terlebih dahulu bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Senin siang.

Baca Juga: Jokowi Dihadiahi Jersey dan Bola Khusus dari Presiden FIFA

Presiden Joko Widodo dan Gianni Infantino pun menyepakati sejumlah hal, terutama soal transformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh termasuk memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai standar FIFA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya