SOLOPOS.COM - Anggota Paguyuban Manunggal Sopir Solo membantu evakuasi lembaran tripleks dari truk yang terguling di Ring Road Mojosongo, Solo, Minggu (15/5/2022). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Proses evakuasi truk terguling di Ring Road Mojosongo, Solo, Minggu (15/5/2022), akhirnya selesai sekitar pukul 18.14 WIB atau sekitar lima jam sejak kecelakaan terjadi pukul 13.30 WIB. Selama lima jam itu, arus lalu lintas dari arah timur harus dialihkan ke lajur berlawanan atau contraflow.

Sebelumnya, truk pengangkut tripleks lembaran dari Magelang tersebut mengalami rem blong sekitar pukul 13.30 WIB. Truk kemudian hilang kendali dan terguling hingga melintang di tengah jalan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sopir  hanya mengalami luka lecet di tangan dan wajah. Sementara proses evakuasi telah berlangsung mulai dari pukul 14.45 WIB. Serangkaian proses evakuasi dilakukan secara gotong-royong oleh sekitar 30 sopir truk yang tergabung dalam Paguyuban Manunggal Sopir Solo atau PMSS.

Ketua PMSS, Totok Darwanto, mengatakan proses evakuasi muatan tripleks dari truk terguling di Ring Road Mojosongo, Solo, yang semula menutupi jalan telah selesai pada pukul 18.13 WIB. “Proses evakuasi sudah selesai. Lalu lintas juga sudah berjalan normal,” ucap Totok saat diwawancarai Solopos.com, Minggu malam.

Proses pemindahan muatan tripleks membutuhkan waktu yang cukup lama. Hampir empat jam proses evakuasi, pemindahan muatan tripleks saja membutuhkan waktu hampir tiga jam.

Baca Juga: Puluhan Sopir Bahu-Membahu Evakuasi Truk Terguling di Ring Road Solo

Hal itu dikarenakan berat tripleks dan ukuran lembaran tripleks yang cukup lebar sehingga menyulitkan para pekerja untuk memindahkannya. Selain itu posisi tripleks yang bertumpuk-tumpuk juga cukup menyulitkan ditambah tidak ada alat berat yang bisa membantu proses evakuasi truk dan muatannya.

Totok menambahkan setelah ratusan lembar tripleks berhasil dipindahkan dari jalan dan truk yang terguling di Ring Road Mojosong, Solo, tripleks ditata dan diikat untuk dikirim ke Surabaya. Informasi dari sopir truk yang terguling, Bedjo, mengatakan tripleks tersebut rencananya dikirim ke Surabaya.

“Baru proses diikat. Setelah selesai langsung berangkat ke Surabaya,” jelasnya. Hingga akhir evakuasi, Totok mengatakan ada tambahan anggota PMSS yang turut membantu. Setidaknya 10 anggota PMSS datang membantu evakuasi hingga selesai. “Alhamdulillah nambah personel tadi. Kurang lebihnya 10 ya,” tutupnya.

Baca Juga: Truk Bermuatan Tripleks Terguling Melintang di Ring Road Mojosongo Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya