Setahap Lagi, Ini 3 Nama Calon Rektor yang Dipilih Senat Akademik UGM

Berikut ini tiga nama calon rektor UGM yang akan dipilih Majelis Wali Amanah (MWA) untuk ditetapkan satu nama menjadi rektor.
SHARE
Setahap Lagi, Ini 3 Nama Calon Rektor yang Dipilih Senat Akademik UGM
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. (ugm.ac.id)

Solopos.com, JOGJA — Senat Akademik Universitas Gadjah Mada (UGM) meloloskan tiga nama dari enam calon rektor UGM dalam rapat pleno yang digelar di GSP, Kamis (12/5/2022).

Setelah dinyatakan lolos, ketiga nama tersebut akan diserahkan ke Majelis Wali Amanah (MWA) UGM. Nantinya akan dipilih satu nama untuk ditetapkan sebagai rektor UGM pada Jumat (20/5/2022).

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Ketiga nama yang lolos tahap berikutnya yakni Prof. Ova Emilia, Prof. Deendarianto, dan Prof. Bambang Agus Kironoto. Sedangkan tiga nama yang tereliminasi di tahap ini adalah Prof. Ali Agus, Prof Sigit Riyanto, dan Prof. Teguh Budipitojo.

Keenam calon rektor tersebut dihadirkan dalam rapat pleno yang diikuti sebanyak 80 anggota Senat Akademik UGM.

Baca Juga: Gudang Mebel di Jogja Terbakar, 2 Jam Api Baru Berhasil Dipadamkan

“Tiga nama yang lolos kami urutkan sesuai abjad yaitu Prof. Bambang Agus Kironoto, Prof. Deendarlianto dan Prof. Ova Emilia. Ini hasil yang telah dinyatakan sah, dari penilaian secara digital. Bagian dari hasil rekap disaksikan para saksi. Dalam rapat pleno diikuti 80 anggota senat, dibuka oleh ketua senat disaksikan para panelis dan bakal calon didampingi sekretaris,” kata Ketua Pansel Calon Rektor UGM, Suratman dalam konferensi pers, Kamis sore.

Dalam proses seleksi itu bakal calon rektor UGM memaparkan program kerja, arah dan tujuan kebijakan umum UGM di hadapan 80 anggota Senat dan panelis.

Adapun panelis yang dihadirkan antara lain Rektor UGM periode 2002-2007, Prof. Sofian Effendi; Rektor UGM periode 2014-2017, Prof. Dwikorita Karnawati; Ketua Dewan Guru Besar, Prof. Mochammad Maksum; Ketua Senat Akademik, Prof. Sulistiowati; dan Sekretaris MWA, Prof. Subagus Wahyuono.

Baca Juga: Asal Usul Burjo: Menjamur di Solo & Jogja, Ternyata Dari Sini Asalnya

“Dari enam bakal calon rektor, ada tiga yang memperoleh nilai di atas 6.600 yang kemudian terseleksi menjadi terbaik di antara tiga lainnya,” kata Ketua Senat Akademik UGM, Sulistiowati.

Dia menambahkan dari tiga nama yang lolos seleksi, hasilnya telah ditandatangani Senat Akademik melalui berita acara.

Selanjutnya berita acara ini serta surat pengantar diserahkan ke pimpinan MWA untuk dilakukan pemilihan dan penetapan rektor UGM. Rencananya pemilihan dan penetapan itu akan dilakukan pada 20 Mei 2022 mendatang.

“Prinsipnya telah menghasilkan dengan proses lancar dinamis, saling asah asuh asih di antara para senator di UGM. Diawali dengan pengambilan undian bakal calon rektor kemudian presentasi, tanya jawab dan penilaian oleh anggota senat,” ujarnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Tunggu Keputusan Majelis Wali Amanah, Ini Dia 3 Nama Calon Rektor UGM



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago