SOLOPOS.COM - Suasana rumah duka Prof Azyumardi Azra di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (18/9/2022). (ANTARA/Benardy Ferdiansyah)

Solopos.com, BANTEN — Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra, akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Sekretaris pribadi Azyumardi Azra, Vemi Nurbaini, membenarkan bahwa jenazah Azyumardi Azra yang akrab disapa Prof Azra akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Bapak kan menerima Bintang Mahaputera jadinya mau disiapkan untuk di Taman Makam Pahlawan,” kata Vemi di rumah duka Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (18/9/2022).

Vemi mengatakan ia sedang menyiapkan semua berkas untuk keperluan pemakaman Ketua Dewan Pers dan Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Vemi menginformasikan jenazah Azyumardi masih berada di rumah sakit di Malaysia.

“Memang saat ini Bapak belum bisa pulang kembali ke Tanah Air. Terakhir update-nya memang masih di rumah sakit dan masih bersama Pak Dubes Hermono [Dubes RI untuk Malaysia],” ucap Vemi.

Baca Juga : Kabar Duka, Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal Dunia di Malaysia

Kendati demikian, ia mengaku belum mendapat informasi lebih lanjut soal kepastian jenazah Azyumardi tiba di Tanah Air. “Sampai saat ini belum ada. Paling itu besok, paling lambat besok,” kata dia.

Sementara itu, Keponakan Azyumardi, Armia Putriana, menyatakan menerima informasi bahwa Rekor UIN Syarif Hidayatullah sedang mengusahakan agar jenazah Azyumardi dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

“Ini Rektor UIN mengusahakan untuk [Azyumardi Azra] di pemakaman pahlawan. Tetapi, mau dimanapun, kami berharap Bapak bisa pulang. Kondisi tadi terakhir kami video call Bapak sudah dikafani. Sebelum ditutup, wajahnya bahagia ceria happy,” kata Armia di rumah duka.

Azyumardi mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada Minggu pukul 12.30 waktu setempat.

Mantan Rektor UIN Jakarta itu berpulang setelah sempat dirawat sejak Jumat (16/9/2022) akibat gangguan kesehatan yang dialaminya saat melakukan kunjungan kerja ke Malaysia.

Baca Juga : Profil Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra yang Meninggal Dunia di Malaysia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya