[ X ] CLOSE

Sesak Napas, Pendaki Dievakuasi dari Gunung Lawu di Karanganyar

Pendaki Gunung Lawu asal Jakarta itu dievakuasi anggota tim SAR gabungan setelah mengalami sesak napas sebelum mencapai Pos III via jalur Cemara Kandang, Karanganyar.
Sesak Napas, Pendaki Dievakuasi dari Gunung Lawu di Karanganyar
SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Solopos.com, KARANGANYAR — Seorang pendaki Gunung Lawu dievakuasi anggota tim SAR gabungan setelah mengalami sesak napas sebelum mencapai Pos III via jalur Cemara Kandang.

Berdasar informasi yang dihimpun Solopos.com, pendaki asal Jakarta tersebut bernama Ardani Setiawan, 23. Ia naik bersama 6 orang temannya via jalur Cemara Kandang, Sabtu (16/10/2021).

Sekitar sekitar pukul 13.00 WIB ia dan teman-temannya datang ke posko pendakian Cemara Kandang untuk melakukan registrasi dilanjutkan dengan pendakian.

Baca Juga: Kabar Gembira! 2 Jalur Pendakian Gunung Merbabu Kembali Dibuka

Setelahnya, mereka mulai naik melalui jalur tersebut sekitar 14.30 WIB. Sesampai di pos I, Ardani merasa tidak enak badan, tetapi tetap melanjutkan perjalanan.

Hingga menjelang pos III, Ardani beristirahat sejenak dan merasakan badan kaku dan perut terasa sakit.

Salah satu teman di rombongan itu menelepon sopir travel yang sebelumnya mengantarkan rombongan ke base camp Cemara Kandang.

Sang sopir pun kemudian menyampaikan informasi itu kepada petugas jaga di posko Cemara Kandang.

Baca Juga: Heboh Pendaki Joget di Tugu Puncak Merbabu, BTNGMb Gelar Penyelidikan

Sekitar pukul 23.46 WIB petugas posko dibantu dari beberapa potensi SAR naik menuju ke lokasi Ardani untuk melakukan evakuasi.

Minggu (17/10/2021) sekitar pukul 11.00 WIB tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi Ardani dengan selamat hingga ke posko Cemara Kandang.

Salah satu anggota SAR, Fauzan, saat dikonfirmasi Solopos.com, Minggu mengatakan Ardani langsung dibawa ke Puskesmas Tawangmangu untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga: Didampingi Istri, Begini Detik-Detik Pendaki Gunung Lawu Jatuh hingga Meninggal

“Survivor Ardani langsung dibawa ke Puskesmas Tawangmangu dan kondisinya semakin membaik. Teman-temannya juga sudah datang membantunya,” ujar Fauzan.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago