SOLOPOS.COM - Para calon peserta didik antre mendaftar di SMKN 6 Kota Solo pada hari pertama pendaftaran PPDB SMA/SMK, Rabu (29/6/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Para calon peserta didik atau CPD jenjang SMA/SMK negeri di Kota Solo ramai-ramai mendatangi sekolah pada hari pertama pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB, Rabu (29/6/2022).

Hal itu salah satunya dikarenakan server untuk pendaftaran online sempat beberapa kali down. Para CPD sejatinya bisa mendaftarkan secara daring dari rumah melalui laman ppdb.jatengprov.go.id mulai Rabu (29/6/2022) hingga Jumat (1/7/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, lantaran beberapa kali server PPDB mengalami down, mereka memilih datang langsung ke sekolah dan mendaftar secara langsung. Kondisi itu salah satunya terlihat di SMKN 6 Solo. Antrean CPD yang masih memakai seragam SMP sudah tampak sejak pagi hari.

Guru Jurusan Broadcasting yang juga salah satu penanggung jawab PPDB SMKN 6 Kota Solo, Bertha Galuh, kepada Solopos.com, mengungkapkan antrean ini tidak lepas dari kejadian server down. Hal itu membuat CPD khawatir tidak bisa mendaftar ke sekolah pilihan mereka pada PPDB SMA/SMK negeri di Solo.

Ekspedisi Mudik 2024

“Antrean sudah ada sejak pagi, jadi CPD masuk ke ruang komputer untuk mendaftar secara daring. Mereka datang untuk melakukan verifikasi data juga,” ujarnya.

Baca Juga: Hari Pertama Pendaftaran PPDB SMA/SMK Di Solo, Server Malah Down

Selain untuk verifikasi, faktor lainnya adalah kekhawatiran apabila ada data yang salah. Selain itu juga untuk melihat peta persaingan di sekolah yang dituju.

“Sebenarnya untuk mendaftar bisa di rumah via online, tetapi pada ke sekolah karena takut ada data yang keliru, sekaligus juga ada yang cabut berkas apabila nilainya sudah tergeser jauh,” jelasnya.

Puncak Kepadatan

Menurut Bertha, puncak kepadatan pendaftaran diperkirakan terjadi pada hari pertama saat pembukaan pendaftaran PPDB SMA/SMK di Solo. Setiap jam ada sekitar 25 CPD yang masuk ke laboratorium komputer untuk mendaftar langsung di sekolah.

Baca Juga: PPDB SMA Dimulai, Gubernur Ganjar Pranowo Wanti-Wanti Ini

“Puncaknya hari pertama ini pas pembukaan pendaftaran. Jumlahnya di sini tergantung dia masuk lab yang sebelah mana. Tapi kalau di lab yang saya jaga jumlahnya sekitar 25 anak,” tutupnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, masa pendaftaran PPDB online jenjang SMA/SMK di Jateng yang dibuka pada Rabu (29/6/2022) sempet terkendala server yang beberapa kali down. Kebetulan pada hari itu juga masih masa perpanjangan pengajuan akun CDP yang berakhir Rabu pukul 16.00 WIB.

Kepala Cabang Dinas Dikbud Jateng Wilayah VII, Suratno, saat diwawancarai Solopos.com, Rabu (29/6/2022), menyebut sejauh ini sudah berusaha untuk menjaga server untuk pendaftaran PPBD SMA/SMK agar tetap stabil.

Baca Juga: Ingat! PPDB SMA/SMK Jateng 2022 Mulai Rabu, Ini yang Harus Disiapkan

“Tadi pagi memang sempat ada beberapa laporan bahwa server down, tapi sekarang sudah lancar lagi, karena kami selalu mengawasi secara teknis agar pendaftaran aman,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya