SOLOPOS.COM - Bendera Indonesia dan Monako. (Istimewa/Channel YouTube Rumah Jersey TV)

Solopos.com, SOLO — Anda pasti sering mendengar pertanyaan tentang perbedaan bendera Indonesia dan Monako.

Nah, sejumlah orang menyebut dua bendera itu serupa tapi ternyata tak sama. Bagaimana bisa? Bendera Indonesia dan Monako mungkin terlihat mirip tapi jika diperhatikan secara detail akan tampak perbedaan.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Bendera merupakan lambang suatu negara yang membedakan antara negara satu dengan negara yang lain atau menjadi ciri khas.

Lalu, bagaimana dengan bendera Indonesia dan Monako yang sama-sama terdiri dari dua warna, yaitu merah dan putih? Bahkan, letak warna merah dan putih pun sama.

Dilansir dari bisnis.com, Selasa (2/8/2022), terdapat beberapa perbedaan bendera Indonesia dan Monako.

Baca Juga : Sama-Sama Merah Putih, Ini Perbedaan Bendera Indonesia dan Monako

1. Sejarah

Monako mengklaim bahwa bendera negaranya adalah bendera tertua di dunia. Menurut American Flags, Monako mengesahkan benderanya secara resmi pada 4 April 1881.

Sebelum peresmian itu, Monako sudah menggunakan warna merah dan putih sebagai warna bendera sejak 1297.

Seorang keturunan Italia, Francesco Grimaldi, berhasil merebut kemerdekaan dari koloni Genoa pada 1297. Dibentuk simbol negara untuk mewakili wilayah dinasti Grimaldi.

Penentuan warna bendera Monako berasal dari rangkaian pola wajik dalam simbol tersebut.

Baca Juga : Punya Bendera Mirip dengan Indonesia, Ini Fakta Unik Monako

Di sisi lain, Indonesia menggunakan bendera merah dan putih secara resmi pada 17 Agustus 1945. Faktanya, warna bendera Indonesia dipilih lantaran terinspirasi bendera Kerajaan Majapahit yang saat itu mempunyai sembilan garis merah dan putih.

Bendera Kerajaan Majapahit disebut Sang Saka Getih-Gerah Samudra atau Sang Saka Gula Kelapa. Bendera dikibarkan sebagai panji kemenangan pasukan Raden Wijaya dalam pertempuran pertama melawan Dinasti Yuan dari Tiongkok.

Dalam Prasasti Butak, tercatat kali pertama Sang Saka Getih-Gerah Samudra dikibarkan pada 1292 atau lima tahun lebih tua dibanding pengibaran merah putih di Monako.

Hal itu yang membuat Monako sepakat dengan Indonesia untuk sama-sama menggunakan merah dan putih sebagai bendera negara.

2. Bentuk dan Ukuran

Nah, perbedaan berikutnya bendera Indonesia dan Monako adalah rasio lebar dan panjang. Bendera Indonesia memiliki perbandingan 2:3 sedangkan bendera Monako berasio 4:5.

Dari perbandingan itu, bendera Indonesia tampak lebih panjang dan ramping sedangkan bentuk bendera Monako lebih lebar mendekati bentuk persegi.

Baca Juga : Kenapa Bendera Indonesia dan Monako Sama? Begini Sejarahnya

3. Warna

Bendera Indonesia dan Monak memiliki perbedaan pada spot warna yang dilihat secara digital. Hal ini dilihat menggunakan warna pada Pantone Matching System (PMS) dan Cyan, Magenta, Yellow, and Key (CMYK) Process.

Warna merah pada bendera Indonesia menggunakan PMS Red: 032 sedangkan warna merah pada bendera Monako menggunakan Red: 032 C.

Jika mengikuti CMYK Process, perpaduan warna merah adalah Cyan: 0 persen, Magenta: 90 persen, Yellow: 86 Persen, dan Key: 0 persen.

4. Makna

Warna merah pada bendera Indonesia melambangkan warna darah dan simbol keberanian. Warna putih sebagai simbol kesucian.

Sementara itu pada bendera Monako, warna putih merupakan warna yang identik dengan House of Grimaldi, dinasti yang berperan dalam sejarah berdirinya Monako.

Jadi, itu tadi perbedaan bendera Indonesia dan Monako.



Baca Juga : Wow! Warga Sukoharjo Jahit Bendera Raksasa, Panjangnya 4 Kali Mobil Avanza

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya