[x] close
Serunya Naik Kereta Gantung di Wisata Girpasang Klaten, Berani Coba?
Solopos.com|soloraya

Serunya Naik Kereta Gantung di Wisata Girpasang Klaten, Berani Coba?

Objek wisata Girpasang Klaten kini dilengkapi dengan kereta gantung yang bisa dijajal pengunjung.

Solopos.com, KLATEN – Kabar gembira bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke obyek wisata Girpasang, Tegalmulyo, Kemalang, Klaten.  Kini objek wisata yang sedang booming itu dilengkapi wahana baru yakni kereta gantung yang melintas sejauh 125 meter dari Dukuh Bringin  menuju Dukuh  Girpasang.

Pengunjung bisa menikmati sensasi keindahan Merapi dari atas udara sekaligus uji nyali. Kereta gantung itu diresmikan langsung Bupati Klaten Sri Mulyani bersamaan Peringatan Hari Air Sedunia (10/04/21) persis di Pendopo Merapi.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita di samping ruang operator kereta gantung disaksikan petugas dan para pengunjung.

Bismillahirrahmanirrahim. Kereta gantung wahana baru objek wisata Girpasang secara resmi saya buka.  Semoga wahana baru ini meningkatkan potensi wisata di Klaten” kata Bupati Sri Mulyani sesaat sebelum dilakukan pemotongan pita.

Baca juga: Ekspedisi KRL Solo-Jogja : Jelajah Museum Sangiran, Petilasan Jaka Tingkir & Sumber Air Asin 

Menurut penuturan Pelaksana Tugas Camat Kemalang Sudiyono, pengadaan kereta gantung dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Tegalmulyo menggunakan anggaran dana desa.  Nanti pengelolaannya melalui Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis desa setempat.

“Pengadaaan wahana kereta gantung ini menelan anggaran 130 juta yang diambilkan melalui dana desa Pemerintah Desa Tegalmulyo.  Wahana diharapkan bisa menambah daya tarik wisatawan, khususnya dalam pengembangan obyek wisata Girpasang.  Obyek wisata Girpasang kian hari kian banyak pengunjungnya.  Bukan hanya wisatawan lokal, banyak juga tamu dari daerah lain yang datang berkunjung untuk menikmati pemandangan Gunung Merapi dari dekat sekaligus menikmati kopi di kedai-kedai kopi di sini” kata Sudiyono kepada Tim Pemberitaan Dinas Kominfo, Minggu (11/4/2021).

Ia menambahkan wisatawan nanti tidak perlu lagi menggunakan gondola untuk mencapai Dukuh Girpasang.  Sebab gondola itu sendiri sesungguhnya untuk mengangkut barang.  Para wisatawan kini bisa menjajal naik kereta gantung yang jadwal operasinya akan diatur petugas.

“Kereta gantung ini nanti yang naik tetap dibatasi.  Tarif wahana gantung objek wisata Girpasang hanya Rp60.000.  Itu pun bisa dinaiki bersama keluaraga atau teman.  Tapi hanya maksimal diisi empat orang. Sebab keselamatan wisatawan menjadi hal penting.  Yang mau naik kereta gantung hanya untuk empat orang saat melintas pulang dan pergi.  Jadi kalau antre nanti harus bergantian” ungkap Sudiyono.

Baca juga: Museum Didi Kempot Mulai Dibangun Di Sumber Solo, Apa Saja Isinya?

Dari waktu ke  waktu kunjungan ke wisata Girpasang terus meningkat.  Apalagi didukung menjamurnya kedai- kedai kopi dengan view Merapi yang sangat eksotis.

Kini wisata Girpasang semakin booming. Hari Sabtu dan Minggu menjadi hari favorit pengunjung. Semilir angin yang sejuk sembari menikmati kenikmatan kopi sambil melihat kemolekan Merapi sungguh syahdu. Apalagi jika ditemani orang-orang terkasih.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago