SOLOPOS.COM - Wisatawan sedang menikmati wisata naik perahu di sungai Opak tepatnya di sekitar Jembatan Kretek II yang dikelola oleh Deswita Perau Opak Tirtohargo, Kretek, Bantul, Rabu (30/3/2022). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Solopos.com, BANTUL — Warga Kalurahan Tirtohargo, Kapanewon Kretek, Bantul, DI Yogyakarta, membuka objek wisata baru di bawah Jembatan Kretek II. Wahana yang ditawarkan di objek wisata baru ini dengan menaiki perahu menyusuri Sungai Opak.

Inisiatif warga setempat ini muncul seiring dengan rampungnya pembangunan Jembatan Kretek II. Rencananya, jembatan ini mulai dioperasikan pada Agustus 2022.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pengelola wisata ini menyediakan perahu untuk berkeliling di bawah Jembatan Kretek II sampai ke muara Sungai Opak. Bukan itu saja, pengelola juga menyediakan tempat outbond, taman bunga, camping, dan agrowisata atau kebun buah.

Baca Juga: Bukan Hanya Irigasi, Embung Sendangtirto Sleman Siap Jadi Objek Wisata

Di lokasi tersebut juga ada deretan lapak UMKM yang menyediakan beragam produk. Untuk fasilitas yang disediakan sepeti musala dan toilet serta tempat parkir.

Ketua Desa Wisata (Deswita) Tirtohargo, Mujiyana, mengatakan pembukaan objek wisata tersebut sudah dimulai sejak September tahun lalu atau saat pembangunan jembatan Kretek II dilakukan. Wisata tersebut dibuka langsung oleh lurah kalurahan setempat.

Pihaknya tidak ingin ketinggalan dengan operasionalnya jembatan tersebut nantinya wisatawan bisa memanfaatkan objek wisata yang dikelolanya.

“Tapi ikonnya tetap jembatan Kretek II,” kata Mujiyana, saat ditemui di lokasi wisata Perau Opak Tirtohargo, Rabu (30/3/2022).

Baca Juga: Kunjungan Wisata di Kebun Buah Mangunan Bantul Turun Drastis

Sejauh ini pembangunan sarana dan prasarana wisata termasuk pengadaan perahu yang digunakan sebagai ikon wisata masih dilakukan secara swadaya masyarakat. Warga iuran untuk membangun objek wisata itu menggunakan dana pribadi.

Dia berharap ada bantuan dari pmeerintah untuk melengkapi sarana dan prasarana Deswita Perau Opak Tirtoharjo.

Awak Harian Jogja (Solopos Media Group) berkesempatan untuk naik perahu dengan melintasi bawah jembatan di Kali Opak sampai ke utara. Kemudian kembali ke selatan menuju muara Kali Opak. Selanjutnya mampir di Hutan Mangrove Baros dan kembali menuju Jembatan Kretek II. Waktu yang ditempuh sekitar 20 menit.

Beberapa sarana dna prasarana memang sudah ada, namun masih belum memadai. Seperti lahan parkir yang disediakan masih berupa pasir, akses jalan menuju Deswita Perau Opak Tirtohargo dari Jalur Jalan Lintas Selatan atau tepatnya di barat Jembatan Kretek II masih rusak. Selain itu, jalan hanya cukup untuk satu jalur kendaraan sehingga tidak bisa untuk berpapasan mobil.

Baca Juga: Kapal Nelayan di Bantul Hancur Dihantam Ombak, Begini Kronologinya

Mujiyana mengakui sarana prasarana memang belum memadai karena masih keterbatasan dana. Ke depannya jalur masuk akan dipindah tepat di sisi barat jembatan Kretek yang jaraknya tidak lebih dari 50 meter. Objek wisata tersebut juga sangat terlihat jelas dari atas Jembatan Kretek II.

Kepala Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, saat dimintai konfirmasi sudah mengetahui secara pribadi objek wisata Perau Opak Tirtohargo, namun dari Dinas Pariwisata belum ada rencana pengembangan di objek wisata tersebut karena membutuhkan kajian mulai dari kebencanaan saat Kali Opak pasang dan sebagainya. Yang sudah dilakukan pengembangan justru di Laguna Depok.

“Rencananya di selatan jembatan nantinya ada rumah makan apung, ada wisata perahu, dan ada foodcourt yang pengelolaannya akan dilakukan oleh Pemerintah Kalurahan Parangtritis,” kata Markus.

Sementara di barat jembatan Kretek II yang sudah dikembangkan dan dibantu oleh Dinas Pariwisata adalah kawasan hutan Mangrove Baros. Namun demikian pria yang akrab disapa Ipung ini mengapresiasi warga Tirtohargo yang membuka objek wisata di bawah jembatan Kretek II tersebut. Pihaknya akan segera mendiskusikannya dengan bidang terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya