SOLOPOS.COM - Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar konferensi pers di Jakarta, Selasa (3/3/2020). (Antara/Muhammad Zulfikar)

Solopos.com, JAKARTA -- Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan lima seruan kepada masyarakat untuk menangkal virus corona baru (Covid-19) yang sudah mewabah ke sejumlah negara termasuk Indonesia.

"Pertama mengajak semua elemen bangsa, khususnya umat Islam untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT," kata Wakil Sekretaris Jenderal MUI Salahuddin Al Ayyubi di Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

MUI menyakini dengan cara semakin mendekatkan diri kepada Allah maka musibah Covid-19 yang sudah masuk ke Indonesia dapat ditangkal. Menurut MUI, hal itu dapat direalisasikan dengan cara bertaubat, memohon ampun, dan meninggalkan perilaku zalim.

Jadwal Pemadaman Listrik di Solo dan Karanganyar, Rabu (4/3/2020)

"Karena penyebaran virus ini bisa jadi merupakan peringatan dari Allah SWT agar umat Islam semakin mendekatkan diri kepada-Nya," ujar dia.

Selanjutnya, MUI mengajak umat Islam melakukan Qunut Nazilah atau doa yang dibacakan untuk menangkal turunnya malapetaka. Bacaan doa itu dilakukan setiap salat fardu.

Umbul Ponggok dan Umbul Manten Klaten Tetap Buka Meski Diguyur Hujan Abu

Ia menjelaskan bacaan doa itu dilakukan pada saat rakaat terakhir setelah rukuk. Selanjutnya doa dibaca pelan apabila salat sirriyah atau salat yang disunnahkan tidak mengeraskan suara seperti salat zuhur dan asar, lalu dibaca keras saat salat jahriyah yaitu magrib, isya, dan subuh.

Selanjutnya MUI mengajak umat Islam memperbanyak wudu dengan tata cara yang benar. Saat mencuci tangan akan lebih baik lagi menggunakan sabun. "Dan juga saat berkumur dan saat membersihkan hidung harus lebih bersih lagi," ujar dia.

Diguyur Hujan Abu Gunung Merapi, Warga Sukoharjo Sulit Cari Masker

Sesuai keterangan ahli kesehatan cara-cara seperti itu diyakini dapat menangkal penularan Covid-19. Umat Islam didorong lebih memperbanyak wudhu dengan cara-cara yang benar.

Seruan ke empat yaitu agar semua elemen bangsa tetap tenang, bersatu, mengedepankan sikap saling membantu, menghindarkan perilaku saling berbantahan atau menyalahkan, serta tidak menyebarkan hoaks.

Abu Merapi Tutupi Mayoritas Jalan di Solo Bikin Rawan Kecelakaan

Terakhir, MUI meminta umat Islam agar berpegang teguh pada pola hidup yang Islami misalnya makanan, minuman, cara berpakaian dan muamalah demi meraih ridha Allah SWT. Hal itu, menurut MUI, sesuai surat Al Baqarah ayat 168.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya