Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Seru, Ribuan Siswa SMKN 1 Jambu Semarang Buat Kreasi Eceng Gondok

SMK Negeri 1 Jambu Semarang mengajak seluruh siswa, alumni, dan guru membuat kreasi atau kerajinan dari eceng gondok.
SHARE
Seru, Ribuan Siswa SMKN 1 Jambu Semarang Buat Kreasi Eceng Gondok
SOLOPOS.COM - Ribuan siswa SMKN 1 Jambu Kabupaten Semarang saat berkreasi membuat kerajinan dari eceng gondok secara serenta, Kamis (29/9/2022). (Solopos.com-Hawin Alaina)

Solopos.com, UNGARAN — Ribuan orang yang terdiri dari siswa, guru, dan alumni SMK Negeri 1 Jambu, Kabupaten Semarang, secara serentak membuat kerajinan berbahan eceng gondok, Kamis (29/8/2022). Berkolaborasi dengan UMKM Center Kabupaten Semarang, kegiatan ini digelar guna menumbuhkan semangat kreativitas siswa.

Kepala SMKN 1 Jambu, Suripan, mengatakan kegiatan bertajuk Crafting Eceng Gondok ini merupakan implementasi dari kurikulum merdeka. Selain itu, kegiatan kali ini menjadi wadah pertemuan alumni antargenerasi SMKN 1 Jambu Semarang.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

“Ini kan sudah masuk bulan karya Project Profil Pelajar Pancasila, sehingga anak-anak hari ini menampilkan beberapa produk sesuai gairahnya,” ujar Suripan kepada Solopos.com, Kamis.

Diakui Suripan kolaborasi dengan UMKM Center Kabupaten Semarang merupakan sebuah titik awal kerja sama untuk membangkitkan motivasi kewirausahaan siswa. Selain itu juga di dukung oleh dinas-dinas yang ada di Kabupaten Semarang, seperti Dinas Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup, Diskumperindag, dan Disdikbudpora Kabupaten Semarang.

“Saya berterima kasih atas dukungan segenap dinas dari kabupaten untuk mendukung kegiatan anak-anak selama ini, ” katanya.

Baca juga: Protes Rencana Revitalisasi, Ratusan Petani Rawa Pening Gelar Doa Bersama

Suripan berharap dengan adanya kegiatan ini para siswa bisa menunjukkan minatnya dalam berkreasi sesuai keahlian, bakat, dan minat. Selain itu, kegiatan ini diharapkan menjadi titik awal mempersiapkan siswa untuk siap bekerja dan berwirausaha.

Sementara itu, Ketua UMKM Center Kabupaten Semarang, Ana Setyarini, mengungkapkan kolaborasi ini bertujuan untuk menyalurkan ketrampilan dari para anggota untuk para siswa. Agar para siswa memiliki pengetahuan dan wawasan tentang kerajinan yang berasal dari eceng gondok. “Ke depan kami juga ingin berkolaborasi dengan sekolah yang lain,” ujar Ana.

Acara kreasi serentak di SMK Negeri 1 Jambu Kabupaten Semarang ini turut dimeriahkan dengan penampilan penyanyi asal Magelang yang sedang populer, yakni Woro Widowati.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode