Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Seru! Ratusan Murid SMK di Boyolali Ikuti Seminar Motivasi Pascapandemi

SMK Karya Nugraha Boyolali mengadakan acara seminar motivasi dalam rangka menumbuhkan semangat belajar siswa pascapandemi.
SHARE
Seru! Ratusan Murid SMK di Boyolali Ikuti Seminar Motivasi Pascapandemi
SOLOPOS.COM - Motivator, Suratno (depan, berdiri) memberikan motivasi kepada murid-murid baru di SMK Karya Nugaraha, Boyolali, Sabtu (13/8/2022). (Solopos.com/Nova Malinda).

Solopos.com, BOYOLALI — SMK Karya Nugraha Boyolali menyelenggarkan acara seminar motivasi dalam rangka menumbuhkan semangat belajar siswa pascapandemi.

Acara tersebut diikuti oleh seluruh siswa Kelas X SMK Karya Nugraha Boyolali berjumlah 467 orang di sekolah setempat, Sabtu (13/8/2022).

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Seminar motivasi ini kaitannya untuk menyiapkan karakter siswa saat mengikuti pembelajaran di SMK Karya Nugraha selama tiga tahun ke depan, karakternya meliputi IQ, EQ, dan SQ,” ucap Kepala Sekolah SMK Karya Nugraha Boyolali, Sarbiyanto saat ditemui di SMK, Sabtu (13/8/2022).

Sarbiyanto mengatakan, biasanya seminar motivasi diadakan saat siswa kelas 12 akan mengahadapi ujian sekolah.
Namun kali ini, ia merasa siswa baru kelas 10 juga perlu diberikan motivasi. Alasannya agar siswa siap mengikuti proses pembelajaran selama tiga tahun.

“Seminar ini juga memberikan motivasi untuk kesiapan siswa memasuki dunia usaha, kerja, atau mungkin melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi,” ucap dia.

Baca juga: Siswa SMK Asal Karanganyar Ramai-Ramai Datangi RS UNS Solo

Dalam seminar ini, Sekolah juga mengajak orang tua wali untuk hadir mendampingi anaknya dalam acara motivasi.

“Karena dalam satu proses pembelajaran itu tidam hanya dari sekolah saja yang menyukseskan, dukungan oleh orang tua itu juga sangat penting,” kata Sarbiyanto.

“Sehingga dalam seminar ini, tidak hanya siswa nya yang diberi motivasi, namun juga orang tua nya diberi gambaran selama tiga tahun itu prosesnya seperti apa,” kata Sarbiyanto lagi.

Setelah selesai seminar, orangtua siswa memberikan tanggapan positif atas seminar motivasi itu.

“Sangat bermanfaat bagi anak kami, seminar ini bisa memberi motivasi dan pengetahuan bagi anak kami sebelum mengikuti pembelajaran ke depannya,” ucap wali murid asal Cepogo, Nuryah saat ditemui wartawan, Sabtu (13/8/2022).

Baca juga: Terbaik di Soloraya, SMK di Wonogiri Ini Produksi Wingko Babat Singkong

“Jadi tambah semangat setelah diberi motivasi, tadi ada beberapa nasihat yang bisa saya tangkap, seperti kami harus berusaha menggapai cita, mematuhi aturan, harus bisa disiplin, tidak membolos, tidak datang terlambat waktu ke sekolah,” ucap siswa kelas 10, Andika kurniawan setelah mengikuti seminar, (Sabtu, 13/8/2022).

Dalam seminar ini, pihak sekolah menggandeng guru SMK Negeri 5 Semarang, Suratno sebagai motivator.

Ketua panitia, Kristanto mengatakan, kegiatan pertama pada seminar ini adalah pemaparan program sekolah. Kedua, pemberian motivasi kepada siswa yang didampingi oleh orangtua tentang kecerdasan IQ, EQ, dan SQ.

“Program sekolah yang dipaparkan berhubungan dengan siswa, salah satunya tata tertib. Contohnya siswa terlambat tiga kali dalam satu bulan yang sama maka akan diberikan surat panggilan orang tua,” kata Kristanto.

Baca juga: Siswa SMK Bhakti Karya Karanganyar Juarai Lomba Asisten Keperawatan

“Selain itu ada program untuk membentuk karakter siswa yang religius dan unggul melalui kegiatan keagamaan seperti salat zuhur berjamaah, dan tadarus setiap selasa dan kamis,” ucap dia



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode