Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Seru! Karyawan SMG Ikuti Workshop Basic Skill Berkendara Astra Motor Jateng

Astra Motor Jateng menggelar kegiatan safety riding training di halaman Griya Solopos, Rabu (18/1/2023).
SHARE
Seru! Karyawan SMG Ikuti Workshop Basic Skill Berkendara Astra Motor Jateng
SOLOPOS.COM - Karyawan Solopos Media Group (SMG) mengikuti kegiatan safety riding training dari Astra Motor Jateng, di Griya Solopos, Rabu (18/1/2023). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Astra Motor Jateng menggelar kegiatan safety riding training di halaman Griya Solopos, Rabu (18/1/2023). Di hari yang sama, juga digelar service kunjung untuk sepeda motor Honda di lokasi tersebut.

Kegiatan safety riding training yang digelar pada Rabu siang, diikuti oleh sekitar 40 karyawan Solopos Media Group (SMG). Pada kesempatan tersebut para karyawan SMG mendapatkan materi mengenai basic skill berkendara.

PromosiPromo Menarik, Nginep di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasmu!

Sementara kegiatan service kunjung telah dilakukan sejak pagi hari. Program service kunjung tersebut menggandeng PT Pratama Kurnia Kasih Solo. Para karyawan SMG yang memiliki kendaraan Honda dapat mengikuti kegiatan tersebut.

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

Sebelum acara workshop, puluhan peserta ditantang untuk mengikuti kuis online untuk menguji wawasan peserta tentang keamanan berkendara dengan menggunakan smartphone masing-masing.

Materi safety riding disampaikan oleh Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng, Alfian Dian Pradana. Dia mengatakan kegiatan tersebut digelar dengan tujuan untuk berbagi ilmu dan wawasan mengenai cara berkendara dengan aman dan benar. Harapannya dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

“Angka kecelakaan lalu lintas masih didominasi oleh sepeda motor. Bahkan angka mencapai sekitar 75% dari total kecelakaan yang ada. Sementara korban kecelakaan merupakan masyarakat kalangan usia produktif,” ujarnya.

Faktor terjadinya kecelakaan lalu lintas setidaknya ada tiga, yakni faktor manusia, faktor kendaraan dan lingkungan. Masalah pengetahuan, teknik berkendara, kesehatan dan emosi merupakan bagian dari faktor manusia. Sedangkan faktor kendaraan bisa diakibatkan dari masalah perawatan sepeda motor dan modifikasi yang tidak sesuai.

Sementara kondisi jalan, pengendara lain juga bisa menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas dari sisi lingkungan. Sedangkan dari persentasenya, menurut Alfian, 90% kecelakaan disebabkan faktor manusia.

Untuk itu Astra Motor Jateng terus menggelar program safety riding untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam berkendara yang baik dan benar.

Sejauh ini program tersebut telah digelar di berbagai lokasi dan event. “Acara semacam ini kami gelar mulai dari perusahaan-perusahaan, instansi termasuk pemerintahan, sekolah dan sebagainya,” kata dia. Dalam sebulan, program tersebut bisa digelar antara 16-20 kali dengan lokasi yang berbeda-beda.

Kegiatan workshop berlangsung cair dan seru. Tak jarang para karyawan SMG melontarkan pertanyaan dan komentar menanggapi pemateri.

“Sebaiknya saat membonceng kita memegang pada bagian pinggang pengendara agar tahu gerakan pengendara,” ujar Alfian.

“Bagaimana kalau naik ojol Mas?” sahut salah satu peserta yang disambut gelak tawa peserta lain.

Selesai workshop, acara dilanjutkan dengan praktik safety riding yang diikuti para peserta yang berminat.  Tampak sejumlah karyawan SMG semangat menjajal track yang telah disediakan.  Bagi peserta yang beruntung mendapatkan hadiah khusus dari  Astra Motor Jateng.

 

 



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode