SOLOPOS.COM - Sajidan (Dok.SOLOPOS)

Sajidan (Dok.SOLOPOS)

Solo (Solopos.com)–Sebanyak 65 guru yang mengikuti sertifikasi guru jalur portofolio di Rayon 113 Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, tidak lulus tes awal online.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Akibatnya mereka harus mengikuti proses sertifikasi jalur Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG).

Sekretaris Panitia Sertifikasi Guru Rayon 113 UNS, Prof Dr rer nat Sajidan, menjelaskan mulai tahun ini ada peraturan baru yang menyaratkan guru peserta sertifikasi jalur portofolio, terlebih dahulu harus lulus tes awal online.

Tes ini diselenggarakan oleh Konsorsium Sertifikasi Guru Pusat. Dalam waktu yang telah ditentukan, guru tersebut harus mengerjakan sejumlah soal secara online.

“Khusus Rayon 113 UNS, kuota sertifikasi jalur portofolio tahun ini hanya 65 orang. Ternyata tidak ada satupun yang lulus tes awal online,” jelasnya saat ditemui wartawan di kampus UNS, Rabu (7/9/2011).

Akibatnya, kata Sajidan, guru-guru tersebut harus mengikuti sertifikasi jalur PLPG. Saat ini, beberapa guru tersebut telah mengikuti PLPG dan sisanya masih menunggu rombongan belajar selanjutnya.

Isi tes awal online, ungkapnya, mencakup materi kompetensi yang harus dimiliki seorang guru profesional. Yaitu kompetensi profesional, pedagogik, sosial dan kepribadian.

(ewt)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya