SOLOPOS.COM - Ilustrasi masturbasi atau onani (Liputan6.com).

Solopos.com, SOLO -- Ada anggapan di tengah masyarakat yang menyebutkan sering masturbasi atau onani bisa bikin dengkul seseorang kopong, benarkah demikian?

Sebagaimana diketahui, masyarakat kerap mengait-gaitkan masturbasi dengan lutut yang kopong. Padahal hal tersebut belum tentu kebenarannya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dokter Dyan Mega Inderawati mengatakan hingga saat ini belum ada penelitian yang menjelaskan bahwa masturbasi atau onani bisa bikin dengkul kopong.

Baca Juga: Cara Mencegah Kehamilan Tanpa KB, Aman dan Tetap Enak Kok!

"Jadi, anggapan bahwa osteoporosis dapat terjadi akibat sering onani atau masturbasi hanyalah mitos belaka," beber dia dilansir Liputan6.com.

Lebih lanjut, ia menjelaskan terlalu sering masturbasi atau onani justru bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan psikologis dan enggak bikin dengkul kopong.

Baca Juga: Tips Sebelum Menggunakan Kondom, Rasanya Kayak Enggak Pakai

"Dampak yang telah terbukti secara ilmiah adalah terjadinya gangguan psikis berupa rasa bersalah. Selain itu, orang yang sering masturbasi biasanya kurang bisa konsentrasi dalam melakukan pekerjaan sehari-hari," tambah dia.

Ilustrasi nyeri di lutut (Healthline.com)
Ilustrasi nyeri di lutut (Healthline.com)

Penyebab Dengkul Kopong

Dikutip dari Detik.com, ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami dengkul kopong atau lutut nyeri, seperti asam urat, infeksi sendi dan juga arthritis.

Baca Juga:  Trik Unik Menunda Orgasme, Bikin Sesi Bercinta Makin Panas

Dan jika dengkul kopong terjadi pada usia muda bisa disebabkan oleh penyakit tendinitis patella atau radang tenon dan penyakit Osgood-Schlatter.

"Otot yang terlalu tegang atau sebaliknya otot yang lemah, kurang berfungsi sebagai penyokong pada lutut. Karena oto tersebut tidak menyerap stres yang terjadi pada sendi lutut dengan baik selama aktivitas," beber dokter spesialis rehablitasi medis, Fanny Aliwarga.

Baca Juga:  Warga Diminta Jaga Jarak 1,5 Meter Saat Bercinta Demi Cegah Covid-19, Gimana Caranya?

Dalam penjelasan tersebut dijelaskan bahwa orang yang suka olahraga basket dan lari lebih berisiko mengalami nyeri lutut maupun dengkul kopong.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Buat Tahan Lama di Ranjang, Pria Wajib Tahu!

Baca Juga:  Kapan Waktu yang Dianjurkan untuk Berhubungan Suami Istri Menurut Islam?

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya