Seri MotoGP Mandalika Indonesia bakal Digelar di Awal Musim, Catat Tanggalnya!

Speedweek telah merilis bocoran kalender MotoGP 2022. Seri MotoGP Mandalika Indonesia akan digelar di awal musim.
Seri MotoGP Mandalika Indonesia bakal Digelar di Awal Musim, Catat Tanggalnya!
SOLOPOS.COM - Tangkapan layar penampakan sirkuit Mandalika, Lombok. (Istimewa/Motogp.com)

Solopos.com, JAKARTA — Bagi pencinta balap motor MotoGP, ada kabar baik. Indonesia dipastikan bakal jadi tuan rumah ajang balap motor paling bergengsi sejagat itu tahun depan.

Menurut bocoran kalender semetara MotoGP 2022 yang dipublikasikan Speedweek, Indonesia akan jadi tuan rumah di awal-awal musik. Yakni 13 Maret atau 20 Maret 2022. Lokasinya di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mengutip laporan detik.com, Speedweek menyebut jadwal sementara MotoGP 2022 baru akan resmi dirilis pada akhir September ini. Namun mereka mengklaim dapat bocorannya secara eksklusif. Dalam daftar kalender itu, Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah MotoGP 2022 pada awal musim.

Kalender MotoGP untuk musim 2022 menjadi 21 seri, mirip seperti rencana awal jadwal MotoGP 2021. Tapi ada tambahan MotoGP Indonesia di Mandalika Street Circuit serta Kymi Ring, Finlandia.

Baca Juga: Jelang Pensiun dari MotoGP, Valentino Rossi  Mengaku Paranoid

MotoGP musim depan dimulai pada 6 Maret 2022 di Sirkuit Losail, Qatar. Kemudian MotoGP Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP 2022 seri kedua, antara tanggal 13 Maret atau 20 Maret. Dari Indonesia, MotoGP beralih ke Amerika, ada MotoGP Argentina di tanggal 3 April 2022 dan beralih ke Texas, Amerika pada 10 April 2022. Tur di Eropa kemudian dimulai dari 24 April di Portimao, Portugal.

Kalender MotoGP

Berikut kalender sementara MotoGP 2022 seperti dikutip Speedweek:

06 Maret: Sirkuit Losail/Qatar
13 atau 20 Maret: Sirkuit Jalan Raya Mandalika/Indonesia
03 April: Termas de Río Hondo/Argentina
10 April: Sirkuit Amerika/Texas
24 April: Portimão/Portugal
01 Mei : Jerez/Spanyol
15 Mei: Le Mans/Prancis
29 Mei: Mugello /Italia
5 Juni: Catalunya/Spanyol
19 Juni: Sachsenring/Jerman
26 Juni: Assen/Belanda
10 Juli: KymiRing/Finlandia
07 Agustus : Silverstone/Inggris
21 Agustus: Red Bull Ring/Austria
11 September: MotorLand Aragón/Spanyol
18 September: Misano/Italia
02 Oktober: Motegi/Jepang
09 Oktober: Buriram/Thailand
23 Oktober: Pulau Phillip/Australia
30 Oktober: Sepang/Malaysia
13 November: Valencia/Spanyol.

Baca Juga: MotoGP Malaysia Kembali Dibatalkan, Misano Gelar 2 Balapan

Urutan dan tanggal acara di luar Eropa masih dapat berubah. dan jika infeksi Covid-19 menyebabkan pembatalan balapan di Asia seperti 2020 dan 2021, maka akan diadakan dua kali MotoGP di satu sirkuit di Eropa.

Sebelumnya, MotoGP juga telah merilis jadwal resmi tes pramusim untuk tahun depan. Di dalamnya terdapat Sirkuit Mandalika sebagai salah satu venue test pramusim.

Ada dua kali tes pramusim yang direncanakan oleh Dorna Sports dan MotoGP untuk mengawali musim 2022. Pertama, akan digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia, lalu tes kedua dilanjutkan di Sirkuit Mandalika, Indonesia. Pramusim MotoGP 2022 rencananya digelar pada Februari tahun depan.

Happy Harinto selaku Chief Strategic and Communication MGPA (Mandalika Grandprix Association) mengatakan hadirnya tes pramusim MotoGP menunjukan sebuah capaian tinggi.

Baca Juga: Valentino Rossi akan Balapan Mobil setelah Pensiun dari MotoGP

“Tes pramusim adalah sebuah kepercayaan yang tinggi pada pencapaian standarisasi dari sebuah sirkuit MotoGP yang sangat detail,” kata Happy, Sabtu (28/8/2021).

“Kami merasa ini sesuatu hal yang membanggakan bagi Indonesia dan sebuah kehormatan bagi kita Mandalika dijadikan sirkuit untuk bisa melakukan uji coba atau tes pramusim MotoGP 2022,” ungkapnya.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago