SOLOPOS.COM - Piala AFF U-16 2022 digelar di Sleman, DIY, pada 31 Juli-13 Agustus 2022.

Solopos.com, SLEMAN – Thailand gagal mengudeta Timor Leste dari posisi puncak klasemen Grup B Piala AFF U-16. Thailand hanya bermain imbang dengan skor 1-1 saat melawan Laos di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DIY, Kamis (4/8/2022) malam WIB.

Laos unggul lebih dulu melalui gol yang dicetak Liyasak pada menit ke-19, namun Thailand mampu menyamakan kedudukan melalui Saelio pada menit ke-58.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hasil ini membuat Thailand mengumpulkan poin 4 hasil dari sekali menang dan sekali seri. Jumlah poin yang sama dikumpulkan Timor Leste. Sedangkan Laos baru mengumpulkan dua poin hasil dari dua kali seri.

Timor Leste tetap di puncak klasemen sementara karena unggul selisih gol dari Thailand. Timor Leste mempunyai selisih gol +10 sedangkan Thailand punya +5.

Kondisi tersebut membuat persaingan di Grup B Piala AFF U-16 2022 masih sangat ketat karena pada laga terakhir Thailand akan berhadapan dengan Timor Leste pada Minggu (7/8/2022) sore pukul 15.00 WIB di Stadion Maguwoharjo. Pada waktu bersamaan, Laos akan menghadapi Brunei di Stadion Sultan Agung Bantul.

Penentuan juara akan sedikit rumit karena menggunakan sistem head to head. Apabila dalam laga terakhir Timor Leste menang atas Thailand dan Laos seri atau kalah, maka Timor Leste keluar sebagai juara grup. Apabila Thailand menang dan Laos seri atau kalah maka Thailand yang menjadi juara grup.

Baca Juga: Timor Leste Menang 10-0, Pecahkan Rekor Indonesia di Piala AFF U-16

Namun, apabila ternyata Timor Leste dan Thailand seri, sedangkan Laos menang atas Brunei, maka akan berlaku ketentuan head to head. Akan dibuat klasemen kecil berisi 3 tim yaitu Timor Leste, Thailand, dan Laos.

Apabila Timor Leste dan Thailand bermain seri dengan skor 2-2 atau lebih maka Timor Leste yang akan lolos sebagai juara grup karena mereka unggul produktivitas gol atas Thailand maupun Laos.

Meski Laos menang atas Brunei dengan skor 11-0 atau lebih (melampaui Timor Leste), Laos tetap akan tersingkir karena secara produktivitas di klasemen kecil mereka kalah dari Timor Leste dan Thailand yang bermain seri 2-2 atau lebih.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Liga Inggris 2022 dan Siaran Langsung Pekan Ini

Situasi ini sama persis dengan apa yang pernah dialami Timnas U-19 Indonesia beberapa waktu yang lalu. Saat itu Vietnam, Thailand, dan Indonesia punya poin sama 11 di akhir penyisihan. Indonesia juga unggul dalam produktivitas gol di klasemen Grup A, namun itu tidak membuat Garuda lolos ke semifinal.

Justru Vietnam dan Thailand yang sengaja menginginkan hasil 1-1 yang lolos ke semifinal. Mereka bermain imbang 1-1 di laga terakhir sehingga diberlakukan sistem head to head antara Vietnam, Thailand dan Indonesia.

Skuad Merah Putih kandas karena kalah produktivitas gol di klasemen kecil tersebut, Indonesia hanya bermain imbang 0-0 saat bertemu Vietnam dan Thailand, sedangkan dua tim terakhir ini bisa mencetak 1 gol ke gawang satu sama lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya