SOLOPOS.COM - Ilustrasi kembali ke sekolah. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Seluruh siswa mulai dari jenjang PAUD, TK, hingga SMA/SMK di Kota Solo mulai masuk sekolah tahun ajaran baru 2022/2023, Senin (11/7/2022). Hari pertama akan diisi dengan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Provinsi Jawa Tengah, Suratno, mengatakan siswa SMA dan SMK di Kota Solo akan mulai masuk pada Senin (11/7/2022).  Sebelumnya, mereka telah bersaing di serangkaian proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mulai dari pengumuman pada 10 Juni 2022 hingga daftar ulang pada 5 Juli 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Hari pertama masuk sekolah adalah Senin, 11 Juli 2022,” jelas Suratno saat dihubungi Solopos.com, Minggu (10/7/2022). Peserta didik SMA/SMK akan memulai tahun pelajaran 2022/2023 dengan MPLS.

Begitu pula bagi siswa SD dan SMP. Sebelum dikeluarkannya aturan kegiatan MPLS, masa pengenalan lingkungan sekolah kepada siswa pada hari pertama masuk sekolah di Kota Solo dan daerah lain kerap disebut masa orientasi siswa (MOS).

“Diawali dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS. Sekarang istilahnya MPLS, itu paradigmanya beda dengan zaman dulu. Sekarang tidak ada unsur kekerasan, seluruhnya bersifat mengedukasi,” imbuhnya.

Baca Juga: Walah! Sejumlah CPD SMAN 5 Solo Mengundurkan Diri Saat Daftar Ulang

Suratno mengatakan meski hari pertama masuk sekolah masih berlangsung MPLS, satuan pendidikan di Kota Solo tetap menerapkan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 sesuai Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo No. KS.00.23/2618/2022 tentang PPKM Level 1 di Kota Solo.

Dilarang Lepas Masker

Menurut SE Wali Kota Solo yang ditetapkan 5 Juli 2022 dan berlaku hingga 1 Agustus 2022, ketentuan pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas (PTM) dan/atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Jumlah peserta didik 100 persen dari kapasitas ruang kelas dengan protokol kesehatan ketat. Sementara jam pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang digunakan di satuan pendidikan. 

Baca Juga: 34 Nama Pendaftar PPBD SMKN 9 Solo Hilang Misterius, Akun Diretas?

Siswa dan tenaga pendidik tetap dilarang melepas masker selama proses belajar mengajar di lingkungan sekolah. “Pada prinsipnya PTM sudah 100 persen. Prokes tetap dijalankan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Plt Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Hery Mulyono, mengatakan siswa satuan pendidikan PAUD, SD, dan SMP negeri di bawah Disdik Solo juga akan mulai masuk sekolah, Senin (11/7/2022). Hery menambahkan PTM akan digelar sesuai SE terbaru Wali Kota Solo.

Siswa dan tenaga pendidik tetap wajib memakai masker. “Satu ya seperti itu. Sesuai SE itu, kan ada itu ada bidang pendidikan misalnya PTM 100 persen tapi untuk masker tetap masih pakai,” tutur Hery saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya