Solopos.com, KARANGANYAR — Puluhan memedi dipasang oleh warga di area persawahan dalam rangkaian Festival Memedi Sawah yang diadakan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Desa Gentungan, Mojogedang, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (19/6/2022). Ada berbagai macam memedi antara lain pocong, genderuwo, tengkorak, memedi anak kecil, dan sebagainya.

PromosiMitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Acara tersebut digelar untuk menyambut musim panen sekaligus ungkapan syukur petani setempat atas berkah hasil panen yang baik dan tidak terserang hama burung. Selain itu, festival ini diadakan untuk mengingatkan masyarakat khususnya kalangan muda bahwa pada zaman dahulu petani menghalau burung pemakan padi dengan orang-orangan atau memedi semacam ini.

 

Warga memasang memedi berbentuk tengkorak di di Desa Gentungan, Mojogedang, Karanganyar, Minggu (19/6/2022). (Solopos/Akhmad Ludiyanto)

 

Warga membawa memedi sawah saat mengikuti Festival Memedi Sawah di Desa Gentungan, Mojogedang, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (19/6/2022). (Antara/Mohammad Ayudha)

 

Warga memasang topi orang-orangan sawah yang dipajang dalam Festival Memedi Sawah di Desa Gentungan, Mojogedang, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (19/6/2022). (Antara/Mohammad Ayudha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi