Serbuu..! Ini Sebaran Lokasi Vaksinasi Berhadiah Motor di Klaten

Vaksinasi Covid-19 berhadiah undian satu unit sepeda motor dimulai, Senin (6/12/2021) di tiga lokasi berbeda.
Serbuu..! Ini Sebaran Lokasi Vaksinasi Berhadiah Motor di Klaten
SOLOPOS.COM - Warga mengikuti program vaksinasi Covid-19 di Pasar Srago, Kelurahan Mojayan, Kecamatan Klaten Tengah, Senin (6/12/2021). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Vaksinasi Covid-19 berhadiah undian satu unit sepeda motor dimulai, Senin (6/12/2021). Pencanangan vaksinasi berhadiah sepeda motor itu dilakukan di Pasar Srago, Kecamatan Klaten Tengah, Klaten, Senin.

Vaksinasi Covid-19 berhadiah undian sepeda motor itu digulirkan pemkab bekerja sama dengan dealer Yamaha. Vaksinasi digulirkan pada 6-16 Desember 2021. Warga yang bisa mengikuti undian vaksinasi berhadiah sepeda motor tersebut yakni mereka yang belum menerima vaksinasi Covid-19.

Mereka cukup membawa fotokopi KTP yang dimasukkan ke kotak undian di gerai vaksinasi tersebut. Gerai vaksinasi berhadiah undian sepeda motor itu berada di Pasar Srago (6-7 Desember 2021), Pasar Pedan (8-9 Desember 2021), dan Pasar Delanggu (15-16 Desember 2021).

Baca Juga: Mantap, Layanan Vaksinasi Klaten Lebihi Target Jateng

Selain itu, lokasi vaksinasi berhadiah sepeda motor tersebut berada di seluruh puskesmas dan rumah sakit. Pengundian hadiah dilakukan setelah 16 Desember. Selain satu unit sepeda motor, hadiah lainnya yang disiapkan seperti sepeda gunung, lemari es, dan lain-lain.

Kepala Dinas Kesehatan Klaten, Cahyono Widodo, mengatkan vaksinasi terus digencarkan. Vaksinasi dilakukan di 55 fasilitas kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit, serta klinik. Selain itu, vaksinasi dilakukan melalui gerai-gerai vaksin seperti yang dibuka di Pasar Srago.

Cahyono menjelaskan saat ini capaian vaksinasi dosis pertama sebesar 78,99 persen. Sementara, capaian vaksinasi untuk lansia lebih dari 60 persen.

Baca Juga: Wow! Vaksinasi di Klaten Berhadiah 1 Unit Sepeda Motor

“Vaksinasi dilakukan kepada seluruh warga maksudnya untuk perlindungan kesehatan. Sesuai informasi yang kami terima, sudah muncul varian baru dan itu perlu disikapi bersama. Ini menjadi salah satu ikhtiar agar Klaten terbebas dari Covid-19,” kata Cahyono.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan target vaksinasi di Klaten sebanyak 1.006.650 orang dari total jumlah penduduk di Klaten sekitar 1,4 juta jiwa. “Target saya memang di November kemarin bisa mencapai 80 persen. Ada sedikit kendala,” kata dia.

Mulyani mengatakan salah satu kendala yakni sulitnya mencari warga untuk menerima vaksinasi dosis pertama. Kendala lain yakni masih ada warga yang termakan kabar ihwal dampak vaksinasi menggunakan Astrazeneca disebut membahayakan.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi di Klaten Ditarget Tembus 100% pada Akhir Tahun

Mulyani menegaskan kabar itu tak benar. Sejak awal program vaksinasi digulirkan pemerintah, vaksin bernama Astrazeneca sudah menjadi salah satu jenis vaksin yang digunakan.

Dia juga menjelaskan vaksin jenis Astrazeneca menjadi salah satu syarat untuk masuk ke negara lain seperti Arab Saudi. “Oleh karena itu kami mohon dibantu agar warga tidak terjebak dengan informasi itu,” kata dia.

Mulyani mengatakan vaksinasi berhadiah undian sepeda motor itu dimaksudkan untuk meningkatkan minat warga yang belum melakukan vaksinasi Covid-19 mendatangi gerai-gerai vaksin. Dia optimistis capaian vaksinasi Covid-19 Klaten segera mencapai 80 persen dari total target melalui program tuntas vaksinasi tersebut.

Baca Juga: Ingat, Vaksinasi Berhadiah Utama Motor di Klaten Berlaku 6-16 Desember

Salah satu calon peserta vaksinasi, Tugino, 56, mengaku selama ini belum menerima vaksinasi lantaran terbentur dengan pekerjaan. “Kula kerja teng proyek. Pas enten undangan vaksinasi, kula enten kerjaan [saya kerja di proyek pembangunan. Saat ada undangan ikut vaksinasi, saya kebetulan ada pekerjaan],” kata Tugino.

Tugino menuturkan sejak lama sudah berminat untuk menerima vaksinasi Covid-19. Selain untuk meningkatkan imunitas tubuhnya dari virus corona, vaksinasi juga dia perlukan untuk mendukung pekerjaannya yang kerap berpindah tempat.

Kula mboten milik undiane. Kula namung pingin vaksinasi ben kerjaan saget lancar [Tujuan utama saya ikut vaksinasi bukan untuk mendapatkan hadiah. Saya hanya ingin menerima vaksinasi agar pekerjaan bisa lancar],” tutur warga Desa Gumulan, Kecamatan Klaten Tengah itu.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago