SOLOPOS.COM - Nama Bayanan Hot Spring Water terpampang di tengah taman yang bersih dengan sejumlah permainan anak di objek wisata Bayanan, Sambirejo, Sragen, Rabu (12/1/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN – Selain Objek Wisata Gunung Kemukus yang sedang hype, Kabupaten Sragen memiliki objek wisata alam menarik lainnya. Salah satunya adalah objek wisata pemandian air panas yang alami.

Setidaknya ada dua lokasi pemandian air panas di Bumi Sukowati yang bisa diakses oleh siapa saja. Yang paling terkenal adalah pemandian air panas Bayanan. Lokasinya di Dukuh Bayanan, Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengutip situs resmi Pemkab Sragen, Senin (21/2/2022), air panas Bayanan mengandung belerang yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti gatal-gatal. Selin itu juga dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memulihkan kebugaran tubuh, meningkatkan vitalitas tubuh, memelihara kesegaran sendi–sendi dan otot, menghilangkan capek-capek. Selain banyak manfaat tadi, ada satu khasiat lain yang sepertinya bakal menarik orang untuk datang, yakni membuat awet muda.

Baca Juga: 2 Tahun Dipugar, Begini Wajah Baru Pemandian Air Panas Bayanan Sragen

Ekspedisi Mudik 2024

Pemandian air panas Bayanan ini tempatnya asyik betul untuk refreshing keluarga. Berada di kompleks yang luas nan rindang karena banyaknya pohon, di Bayanan juga tersedia banyak gazebo bagi pengunjung untuk duduk-duduk menikmati suasana.

bayanan
Banyak gazebo yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Setelah dipugar selama kurang lebih dua tahun, pemandian air panas bayanan kini jauh lebih menarik dengan sejumlah fasilitas penduduk. Di antaranya WC umum, tempat bermain anak, kolam renang, hutan wisata, musala, toko kelontong, warung makan, hingga penginapan.

Meski kini sudah tampil lebih menarik, tarif masuk kawasan wisata pemandian air panas Bayanan tetap sama yaitu Rp5.000 untuk hari biasa dan Rp6.000 khusus hari libur.

Pengelola Pemandian Air Panas Bayanan, Yanuar P.S,  dalam wawancara beberapa waktu lalu mengungkapkan penataan kawasan Bayanan yang dimulai sejak 2020 hingga akhir 2021 menelan anggaran sekitar Rp8 miliar.

Baca Juga: Keren, Wajah Baru Pemandian Air Panas Bayanan Sragen

Pemandian air panas lain di Sragen adalah pemandian air panas Ngunut. Lokasinya tak jauh dari pemandian air panas Bayanan. Sama-sama berada di Kecamatan Sambirejo, namun terpisah sekitar 1,5 km, tepatnya di Dusun Kembang, Desa Jetis.

 

pemandian air panas ngunut sragen
Pintu masuk pemandian air panas Ngunut di Dusun Kembang, Desa Jetis, Kecamatan Sambirejo, Sragen. (Youtube/@wens_3699 Channel)

Pemandian air panas ngunut ini pun terbentuk secara alami dan airnya mengandung belerang. Pengunjung yang berendam di kolam pemandian air panas Ngunut juga diyakini bisa sembuh dari penyakit kulit seperti gatal-gatal. Pemandian di sini berbentuk kolam-kolam kecil. Ada larangan mandi bersama antara laki-laki dan perempuan.

Pemandian air panas Ngunut lokasinya tak serepresentatif Bayanan yang sudah tertata baik. Namun hawa sejuk juga terasa di sini karena rindangnya pepohonan yang mengelilingi kawasan ini.

Di pemandian air panas ngunut juga terdapat arca peninggalan Kerajaan Mataram Kuno Abad ke IX (Sembilan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya