SOLOPOS.COM - Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Sragen membantu melepaskan cincin seorang ibu hamil di Markas Damkar Sragen, Jumat (3/5/2022). (Istimewa/Anton Sujarwo)

Solopos.com, SRAGEN — Menjadi petugas pemadam kebakaran (damkar) harus siaga 24 jam jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Bukan hanya untuk memadamkan kebakaran, namun juga untuk membantu warga yang mengalami kesulitan lain.

Seperti yang dialami petugas Damkar Sragen. Mereka harus siap menjadi “penyedia jasa” melepas cincin kapan saja bagi warga yang kesulitan melakukannya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pada Minggu (22/5/2022) petang, seorang ibu-ibu bernama Oktafiani Nila Permata, 42, kesakitan karena cincin di jarinya sesak. Ia tak bisa melepaskan sendiri cincin tersebut. Ia meminta tolong kepada rekannya yang kemudian mengarahkannya ke petugas Damkar Sragen.

Di sana, perempuan PNS asal Desa Plumbungan, Kecamatan Karangmalang, Sragen itu mendapatkan pelayanan yang baik dari petugas Damkar. Akhirnya cincin Oktafiani berhasil dilepas menggunakan benang oleh petugas.

Sebelumnya, petugas Damkar Sragen juga harus melakukan hal serupa kepada seorang ibu yang sedang hamil tua yang hendak menjalani operasi Cesar.

Baca Juga: Gara-Gara Nama Lokasi Kebakaran Sama, Tim Damkar Sragen Kecele Setibanya di Kalijambe

Kasi Pemadam dan Penyelamatan Dinas Satpol PP dan Damkar Sragen, Anton Sujarwo, peristiwa itu terjadi pada Jumat (3/5/2022) lalu. Saat itu ada ibu hamil itu datang ke kantor Damkar Sragen siang bolong. Ibu hamil merupakan warga perbatasan yang masuk wilayah Kabupaten Karanganyar.

Ia meminta tolong agar cincin dijarinya dilepas. “Dicoba manual, pakai sabun, dan benang merasakan sakit. Akhirnya dipotong dengan mesin gerinda mini,” kata Anton saat berbincang di kantornya, Senin (23/5/2022).

Ada dua cincin yang melingkar di jari tangan ibu hamil itu. Butuh waktu lima menit bagi petugas untuk memotong cincin tersebut. Anton mengungkapkan ibu hamil itu senang begitu cincinnya terlepas.

Baca Juga: Aksi Petugas Damkar Sragen Berjibaku Selamatkan Kucing Terjepit Tembok

Sedikitnya ada 10 permintaan pertolongan melepas cincin Januari sampai April 2022 yang masuk ke Damkar Sragen.

Sekretaris Satpol PP dan Damkar Sragen, Agus Endarto, permintaan jasa melepas cincin itu datang bukan hanya dari Sragen. Ada juga beberapa dari Ngawi dan Karanganyar.

“Semua pelayanan Damkar gratis. Masyarakat yang membutuhkan bantuan bisa menghubungi nomor nomor WhatsApp Damkar Sragen 0813-2448-1113,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya